Selasa, 28 September 2021 / 20 Safar 1443 H

Ragam

Yahudi Terakhir di Afghanistan Akhirnya Pergi

Bagikan:

Hidayatullah.com — Anggota komunitas Yahudi terakhir yang diketahui baru saja meninggalkan Afghanistan pada Jumat, bersama 30 orang lainnya.

Zebulon Simentov memelihara dan tinggal di satu-satunya Sinagog di Kabul, yang bertahan dengan sumbangan dari luar negeri. Sebagai tokoh terkenal di ibukota Afghanistan, ia telah hidup puluhan tahun melewati konflik dan kekacauan politik. Termasuk pemerintahan Taliban sebelumnya dari tahun 1996 dan 2001.

Simentov dan 30 Yahudi lainnya melakukan perjalanan dengan van melintasi daerah pegunungan Afghanistan dan melewati beberapa pos pemeriksaan Taliban. Mereka kemudian memasuki “negara tetangga” pada Senin, kata Moti Kahana, seorang warga Israel-Amerika yang mengatur perjalanan mereka.

Simentov dipuji karena membantu menyelamatkan puluhan anak dengan menolak meninggalkan mereka di Afghanistan, kata Kahana.

Pada abad ke 19 Afghanistan pernah menjadi rumah bagi komunitas Yahudi yang cukup besar. Mencapai 40.000 pada pertengahan abad dan mulai menurun hingga sekarang.

Sebagian besar Yahudi telah berpindah ke Israel sejak pembentukan entitas Zionis itu pada tahun 1948 dan setelah invasi Soviet pada 1979.

Status Simentov sebagai penganut Yahudi terakhir yang tinggal di Afghanistan menjadi perhatian media dalam beberapa dekade terakhir. Karena ia menolak mengungsi ke Israel, bahkan setelah anak-anak dan istrinya sudah di sana.

Simentov pada akhirnya memutuskan pergi “ketika dia mendengar lebih banyak tembakan, dan ketika orang Amerika tidak ada dan bandara ditutup.”

Rep: Nashirul Haq
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

jalur sutra

Lima Kota Besar di Jalur Sutra dalam Masa Kejayaan Islam

Ketika Syiah Menguasai Mesir

Ketika Syiah Menguasai Mesir

10 Negara Islam Ini Pernah Dijajah Prancis

10 Negara Islam Ini Pernah Dijajah Prancis

Kondisi Pengungsi Suriah di Kamp Pengungsian Idlib

Kondisi Pengungsi Suriah di Kamp Pengungsian Idlib

 Mengenal Vesuvius, Gunung yang Mengubur ‘Kota Maksiat’ Pompeii

 Mengenal Vesuvius, Gunung yang Mengubur ‘Kota Maksiat’ Pompeii

Baca Juga

Berita Lainnya