10 Bisnis Keluarga Terbesar dan Terkaya di Arab Tahun 2020

bahwa 10 keluarga Arab paling kuat memiliki kekayaan lebih dari $31 miliar atau 465 Triliun rupiah

10 Bisnis Keluarga Terbesar dan Terkaya di Arab Tahun 2020

Terkait

Hidayatullah.comDi Timur Tengah, bisnis keluarga adalah tulang punggung ekonomi kawasan itu di mana beberapa dari bisnis terbesar dijalankan oleh keluarga-keluarga Arab melalui perusahaan swasta.

Perlu disebutkan bahwa 10 keluarga Arab paling kuat memiliki kekayaan lebih dari $31 miliar atau 465 Triliun rupiah.

Inilah 10 Bisnis Keluarga Arab paling atas tahun ini.

1. Mansour Group – Mesir

Bisnis didirikan oleh Lutfi Mansour. Mansour Group beroperasi di lebih dari 100 negara. Dijalankan oleh saudara kandung Mansour: Yaseen, Mohammed, dan Yousseff Mansour. Kekayaan ketiga miliader ini jika digabungkan mencapai $7,4 miliar atau 111 Triliun rupiah.

2. Al-Futtaim Group – UEA

Bisnis ini didirikan pada tahun 1930an dan berkembang pesat pada tahun 1940an dan 1950an menjadi organisasi komersial, industri, dan jasa yang terintegrasi. Al-Futtaim Group mempekerjakan lebih dari 44.000 orang dan mengoperasikan delapan divisi yang terdiri dari otomotif, elektronik, ansuransi, layanan, real estat, ritel, industri dan luar neger. Al-Futtaim berada di peringkat #1001 dalam daftar Miliader Dunia 2020 versi Forbes dengan kekayaan bersih mencapai $2,1 miliar atau setara 31 Triliun rupiah.

3. Olayan Group – Arab Saudi

Didirikan pada tahun 1947 oleh Suliman S. Olayan. Olayan Group membangun pondasinya dengan melakukan kontrak dan perdagangan di Arab Saudi. Keluarga ini memiliki saham 4,93% dari Credit Suisse bank Swiss, dan 18,24% Bank Saudi British. Aset real estat miliknya termasuk 550 Madison Avenue di kota New York, Knightsbridge Estate di London, dan Hotel Ritz di Madrid, serta aset kantor, ritel, dan perumahan di 8th Arrondissement di Paris.

4. Majid Al Futtaim – UEA

Majid Al Futtaim Holding (MAF) didirikan pada tahun 1992 oleh miliader Majid Al Futtaim. Raksasa ritel dan hiburan ini memiliki dan mengoperasikan 27 pusat perbelanjaan dan 13 hotel. Majid Al Futtaim berada di peringkat #590 di daftar Miliader Dunia 2020 versi Forbes dengan kekayaan mencapai $3,3 miliar atau sekitar 49,5 Triliun rupiah.

5. Rashed Abdul Rahman AlRashed & Sons Group – Arab Saudi

Grup ini adalah konglomerat yang dinamis dan terkemuka di Arab Saudi. Didirikan pada tahun 1950 oleh Rashed Al Rashed. Grup ini memiliki 26 perusahaan. Beroperasi di tujuh bidang bisnis, termasuk bahan bangunan, semen, bahan grosir, bahan finishing, real estat, kontraktor, produk industri, produk otomotif, dan produk makanan.

6. Abdul Latif Jameel Group – Arab Saudi

Grup ini didirikan di Jeddah pada tahun 1945 oleh Abdul Latif Jameel sebagai bisnis perdagangan kecil. Sepuluh tahun kemudian, kelompok itu ditunjuk sebagai distributor Toyota dan membangun jaringan distribusi kendaraan terbesar di Saudi. Operasi intinya terutama di bidang transportasi, teknik dan manufaktur, jasa keuangan, tanah dan real estat, jasa energi dan lingkungan, produk konsumen, dan sektor periklanan dan media. Grup ini telah berkembang melalui berbagai investasi dan akuisisi.

7. Al Ghurair – UEA

Portofolio Al Ghurair meliputi Al Ghurair Properties, yang mengelola beberapa bisnis perumahan, perkantoran, ritel jalanan, industri, dan perhotelan. Itu mendirikan Al Ghurair Center pada tahun 1982, pusat perbelanjaan pertama di wilayah MENA. Al Ghurair Foods, mengoperasikan peternakan unggas terbesar di UEA dan menghasilkan tepung, semolina, dan gandum. Miliarder Abdulla Al Ghurair memiliki perusahaan induk dan mendirikan Mashreq Bank, bank sektor swasta terbesar di AS. Pendirinya, Abdulla Al Ghurair berada di peringkat #494 di daftar Miliader Dunia 2020 versi Forbes dengan kekayaan mencapai $3,7 miliar atau sekitar 55 Triliun rupiah.

8. Alghanim Industries – Kuwait

Didirkan oleh Yusuf Alghanim pada tahun 1932. Yusuf adalah anggota pendiri Bank Komersial Kuwait, Kuwait National Petroleum Company, dan Kuwait Pipes Company. Sekarang grup ini memiliki lebih dari 30 bisnis di enam segmen utama — otomotif, teknik, makanan, dan minuman, industri, konsumen, dan layanan. Di antara merek-merek terkenal di bawah portofolionya adalah Costa Coffee, Wendy’s, GM, dan Ford. Ketua eksekutif Kutayba Alghanim adalah miliarder, dengan kekayaan senilai $ 1,3 miliar atau sekitar 19,5 Triliun rupiah.

9. Grup Al Ghurair – UEA

Grup ini didirikan oleh Saif Ahmed Al Ghurair pada tahun 1960. BurJuman Centre di Bur Dubai adalah properti andalan grup di bawah portofolio real estatnya. Bisnis petrokimia, Taghleef Industries, adalah salah satu produsen global terbesar lapisan polipropilen berorientasi biaxially yang digunakan dalam kemasan makanan. Kelompok ini juga terlibat dalam pembuatan logam melalui Al Ghurair Iron and Steel, produsen baja galvanis.

10. Zamil Group Holding – Arab Saudi

Pendiri grup, Abdullah Hamad Al Zamil, pertama kali mendirikan bisnis perdagangan dan layanannya di Bahrain pada tahun 1920. Hari ini, Al Zamil Group memiliki saham dua perusahaan publik di Bursa Efek Saudi, Zamil Industrial dan Sahara petrokimia. Zamil Industrial menjadi perusahaan milik keluarga pertama di Arab Saudi yang terdaftar di Bursa Efek Saudi pada tahun 2002.*

Rep: Nashirul Haq

Editor: Rofi' Munawwar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !