Inilah Semua Data Pribadi Anda yang Disimpan Facebook dan Google

Google memiliki data setiap gambar yang pernah Anda cari dan Anda simpan, setiap lokasi yang pernah cari atau klik, tiap berita yang pernah Anda baca

Inilah Semua Data Pribadi Anda yang Disimpan Facebook dan Google

Terkait

(Halaman 2 dari 2)

Sambungan artikel PERTAMA

Facebook juga menyimpan apa yang  mungkin Anda minati berdasarkan hal-hal yang Anda suka dan apa yang Anda dan teman Anda bicarakan (Saya tampaknya menyukai topik “cewek”)

Meskipun tidak ada gunanya, mereka juga menyimpan semua stiker yang pernah Anda kirim di Facebook (Saya tidak faham mengapa mereka melakukan ini. Hal itu hanya lelucon pada tahap ini).

Mereka juga menyimpan data tentang kapanpun Anda login ke Facebook, di mana Anda login, kapan, dan dari device apa.

Dan mereka menyimpan semua aplikasi yang Anda pernah koneksikan ke akun Facebook Anda, jadi mereka dapat menebak Saya sedang tertarik dalam politik serta desain grafis dan situs, Saya seorang lajang antara periode X dan Y dengan memasang Tinder, dan Saya memiliki telepon HTC pada November.

Mereka dapat mengakses webcam dan mikrofon Anda

Baca:  Komandan NATO Korban Mata-Mata China di Facebook

Data yang mereka kumpulkan meliputi pelacakan di mana Anda berada, aplikasi apa yang telah Anda pasang, kapan Anda menggunakannya, untuk apa Anda menggunakannya, akses pada webcam dan mikrofon Anda kapanpun, kontak Anda, email Anda, kalender Anda, history panggilan Anda, pesan yang Anda kirim dan terima, file yang Anda unduh, game yang Anda mainkan, foto dan video Anda, musik Anda, history pencarian Anda, history browsing Anda, bahkan stasiun radio yang Anda dengarkan.

Google mengetahui acara yang Anda hadiri, dan waktunya.

Google memiliki data apa kegiatan Anda setiap saat

Di bawah ini Google Calendar saya, menunjukkan semua acara yang pernah saya tambahkan ke dalamnya, apakah saya benar-benar menghadirinya, dan kapan saya menghadirinya (bagian ini ialah ketika saya menghadiri sebuah wawancara untuk sebuah pekerjaan pemasaran, dan kapan saya tiba).

Dan Google memiliki informasi yang Anda hapus.

Ini Google Drive saya, meliputi file yang benar-benar telah saya hapus termasuk riwayat hidup saya, anggaran bulanan saya, dan semua kode, file, dan situs yang pernah saya buat, dan bahkan kunci pribadi PGP saya, yang saya telah hapus, saya gunakan untuk mengenkripsi email.

Dan mereka memiliki foto.

Ini semua adalah foto yang pernah saya ambil dengan telepon genggam saya, dibagi tahunnya, dan meliputi metadata kapan dan di mana saya mengambil foto itu.

Google memiliki semua email yang pernah Anda kirim.

Semua email yang pernah saya kirim, yang pernah dikirim pada saya, termasuk yang telah saya hapus atau saya kategorikan sebagai spam.

Dan ada lebih banyak lagi.

Baca: CIA Mulai Aktif di Twitter dan Facebook

Saya hanya akan melakukan rangkuman singkat tentang apa yang ada di dalam ribuan file yang saya terima di bawah Google Aktivity saya.

Pertama, setiap Google Ad yang pernah saya lihat atau klik, setiap aplikasi yang pernah saya buka atau gunakan dan kapan saya melakukan itu, setiap situs yang pernah saya kunjungi dan kapan saya melakukan itu, dan setiap aplikasi yang pernah saya unduh atau cari.

Mereka juga memiliki setiap gambar yang pernah saya cari dan simpan, setiap lokasi yang pernah saya cari atau klik, setiap artikel berita yang pernah saya cari atau baca, dan setiap pencarian Google yang pernah saya lakukan sejak 2009 (penulis menggunakan kata “every single Google search I’ve made“). Dan terakhir, setiap video Youtube yang pernah saya cari atau lihat, sejak 2008.

Google miliki data history kita

Informasi ini dapat digunakan untuk jutaan kejahatan. Anda mengatakan Anda bukanlah seorang teroris. Maka bagaimana bisa Anda me’googling’ ISIS? Bekerja di Google dan Anda curiga dengan istri Anda? Perfect, lihat saja lokasi dia dan history pencariannya selama 10 tahun terakhir. Anda berhasil mendapatkan akses akun Google seseorang? Perfect, Anda memiliki diary kronologis tentang apapun yang orang itu pernah lakukan selama 10 tahun terakhir.

Sedangkan ini adalah salah satu hal yang paling gila mengenai zaman modern. Kita tidak akan membiarkan pemerintah atau suatu perusahaan menempatkan kamera/mikrofon di rumah kita atau pelacak lokasi pada kita. Tetapi kita telah melakukannya, hanya karena – saya ingin melihat video anjing yang lucu.*

Dylan Curran, seorang konsultan data dan pengembang website, yang melakukan penelitian luas dalam menyebarkan kesadaran teknis dan meningkatkan etika digital. Artikel dimuat di web theguardian,  diterjemahkan Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !