Dompet Dakwah Media

PM India Narendra Modi dan Getaran Positif dengan UEA

Selama beberapa tahun terakhir hubungan UEA-India tumbuh. Bahkan, itu membantu meningkatkan hubungan India dengan Arab Saudi

PM India Narendra Modi dan Getaran Positif dengan UEA
PTI
Perdana Menteri India Nerendra Modi dan Putra Mahkota UEA Mohamad bin Zayed Al-Nahyan

Terkait

Oleh: Sheela Belat

 

Hidayatullah.com | TIDAK lama setelah meraih kekuasaan pada tahun 2014 Perdana Menteri Narendra Modi membuat pernyataan menarik saat memimpin pertemuan tingkat tinggi dengan para diplomat dari Kementerian Luar Negeri dan pakar keamanan nasional. “India-UAE relationship aap review karke to dekho.” (Tinjau hubungan India dengan Uni Emirat Arab dan lihatlah).

Dia menyarankan timnya untuk mencari pendekatan baru terhadap hubungan India-UEA dan potensinya. Sebagai menteri utama Gujarat, sebuah negara bagian barat di India, Modi sangat menyadari getaran positif yang dimiliki komunitas Gujarat untuk Teluk.

Dia juga mengetahui hubungan perdagangan bersejarah yang dimiliki India dengan wilayah tersebut. “Naluri Teluk” yang positif terus ada di Gujarat. Naluri Teluk dan pengetahuan negara-negara di kawasan itu membuat Modi menginstruksikan timnya untuk mengeksplorasi ruang strategis yang lebih luas untuk hubungan India-UEA.

“Apakah hubungan bilateral antara India dan UEA ini, di lingkungan India yang luas, sedang bertumbuh?” Saya bertanya kepada Subrahmanyam Jaishankar, menteri luar negeri India. “Ya itu. India dan UEA berbagi hubungan yang berkembang pesat. UEA adalah pusat dari lingkungan luas India. Kami melihat UEA di persimpangan perdagangan internasional. Karena Singapura ada di Timur, UEA di Barat, ”jawabnya kepada Gulf News dalam obrolan eksklusif.

Kunjungan Jaishankar ke UEA sebagai menteri luar negeri, tepat sebelum kunjungan bersejarah Modi pada Agustus 2015, terbukti penting. Dr Anwar Gargash, Menteri Luar Negeri UEA dan Jaishankar dengan cepat membangun hubungan baik.

“Setelah para pemikir kebijakan luar negeri India melakukan inovasi pemikiran- tentang pencitraan negara-negara sekuler-komunal yang ketat – pentingnya negara-negara Teluk dan ASEAN (sepenuhnya) dipahami,” kata seorang diplomat tinggi.

Terlebih lagi, tim Modi hadir dengan pendekatan yang sangat berbeda. Mereka ingin melampaui persepsi yang terbentuk tentang negara-negara Teluk melalui fokus yang sempit pada masalah Israel-Palestina atau hanya sebagai sumber energi. Persepsi yang terbentuk selama era Perang Dingin harus diubah.

Selama beberapa tahun terakhir hubungan UEA-India tumbuh. Bahkan, itu membantu meningkatkan hubungan India dengan Arab Saudi, yang mulai berkembang selama masa jabatan Perdana Menteri Manmohan Singh.

Pada tahun 2015, Modi adalah perdana menteri India pertama yang mengunjungi UEA dalam 34 tahun. Ini adalah sebuah titik balik, lima tahun terakhir telah membuktikan itu.

Selama kunjungan kenegaraan Sheikh Mohammad Bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA sebagai tamu utama pada perayaan Hari Republik ke-68 India, kedua negara lebih jauh meningkatkan hubungan bilateral.

Keputusan India untuk menggelar turnamen Indian Premier League (IPL), salah satu acara olahraga terbesar, di UEA adalah contohnya. Tak perlu dikatakan bahwa ini adalah keputusan politik yang diambil di New Delhi.

Dalam pidatonya di Hari Kemerdekaan, Modi mencatat bahwa UEA memiliki hubungan penting dengan India dan merupakan bagian dari paradigma baru. Jarang kami menemukan negara asing disebutkan dalam pidato-pidato nasional konvensional ini.

UEA telah membantu membangun Cadangan Strategis Petroleum di India Selatan, yang tidak mungkin terjadi tanpa rasa saling percaya. India telah berinvestasi di beberapa ladang minyak UEA dan sedang membahas tahap awal kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Pencapaian kebijakan luar negeri yang besar

Secara politik, UEA telah membantu India di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan dalam memperluas hubungan dengan negara-negara Teluk lainnya. New Delhi menganggap hubungan yang sangat baik dengan UEA sebagai salah satu pencapaian kebijakan luar negeri terbesar selama enam tahun kekuasaan Modi.

Meskipun ada beberapa masalah awal yang dihadapi oleh investor di India yang merasa sulit untuk menangani birokrasi, segalanya segera berubah.

Tim Modi menghubungi untuk memastikan bahwa India menjadi tujuan investasi pilihan Teluk. Komisi bersama India-UEA adalah forum “berorientasi solusi” untuk membantu mempercepat keputusan yang tertunda.

Akibatnya, hubungan India-UEA bukan hanya tentang keamanan minyak. Ini sekarang menjadi hubungan pertahanan yang mencakup berbagi intelijen antara lain tentang antiterorisme.

Selama enam tahun terakhir, persepsi telah berubah saat Modi mengunjungi UEA tiga kali dengan lebih dari 15 kunjungan dan acara bilateral penting juga telah dilakukan. Mengenai perjanjian baru-baru ini antara UEA dan Israel, menteri luar negeri Jaishankar dengan tepat mengatakannya, “Ketika dua teman strategis mendekat, itu membuka banyak peluang.”

Jaishankar yang menaruh perhatian khusus pada hubungan bilateral India-UEA menambahkan, “Ini adalah hubungan di mana kepemimpinan tertinggi kedua negara telah menginvestasikan niat baik dan energi. Hasilnya, Anda dapat melihat perubahan selama lima tahun terakhir.”

Setelah pembatasan sosial karena Covid-19 baru-baru ini, UEA termasuk di antara negara terpilih yang diizinkan untuk menerbangkan penerbangan khusus untuk melanjutkan pasokan makanan ketika lalu lintas udara India ditutup.

Jaishankar, yang baru-baru ini menulis buku “Cara India – Strategi untuk Dunia yang Tidak Pasti” telah mendaftar lima negara yang harus menjadi fokus India saat menjalankan kebijakan luar negerinya. UEA adalah salah satu dari lima negara itu.*

Sheela Bhatt adalah jurnalis senior India. Dia berbasis di New Delhi

Rep: Nashirul Haq

Editor:

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !