Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Surat Pembaca

Kasus Arya Permana, Jauhi Anak Kita Makanan Instan

kompas
Arya Permana, 10 tahun berbobot 190 kg ditengarai seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman instan
Bagikan:

Minggu lalu kita dibuat kaget berita Arya Permana, bocah berusia 10 tahun memiliki bobot yang fatastis yaitu 190 kilogram karena saking seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman instan.

Sebagaimana diketahui, Arya Permana (10), penderita severe obesity. Menurut sang ayah, Arya,  bisa makan 4 kali sehari. Ia juga kerap mengonsumsi mi instan. Kalau mengonsumsi mi instan, makan nasinya berkurang. Jadi mi instan sebagai pengganti nasi, ucapnya pada media.

Namun, Arya sering kesulitan tidur. Ketika susah tidur, sang anak kerap meminum minuman kemasan rasa jeruk. Selama 24 jam, anaknya bisa mengonsumsi minuman kemasan hingga 20 gelas.

Dengan kondisi yang seperti ini, dia sudah dikategorikan menderita obesitas ekstrem hingga membuatnya harus menjalani program penurunan berat badan yang ditangani 13 dokter spesialis dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Menurut pengkuan orang tuanya, Arya sering menangis jika keinginan untuk makan dan minum minuman kemasan tidak dituruti. Demi menenangkan sang buah hati, maka mereka memilih untuk menuruti saja keinginannya.

Kisah Arya ini menjadi pelajaran penting bagi para orang tua bahwa memenuhi segala keinginan anak belum tentu baik bagi mereka.

Orang tua harus mampu mengontrol perilaku anak dan bersikap tegas serta mengajarkan sejak dini membedakan apa yang menjadi kebutuhannya dan apa yang hanya sekedar keinginan saja. Jika di tataran keluarga sudah beres, maka yang selanjutnya adalah pengaturan makanan dan minuman apa saja yang boleh beredar.

Hal ini tentu tidak lepas dari peran masyarakat secara umum dan juga negara sebagai pihak yang berwenang mengatur peredarannya. Mari bersama-sama kita ciptakan generasi berkualitas nan sehat.*

Tri Mar’ah (Praktisi Kesehatan) | tinggal di Salatiga

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kasus Masjid Al-Hijri UIKA dan Pengalaman Saya dengan LDII

Kasus Masjid Al-Hijri UIKA dan Pengalaman Saya dengan LDII

Sikap JAT terhadap RUU Ormas

Sikap JAT terhadap RUU Ormas

Kronologis Serangan JAT di Mojokerto

Kronologis Serangan JAT di Mojokerto

Pernyataan Sikap Umat Islam Atas Bom Solo

Pernyataan Sikap Umat Islam Atas Bom Solo

Pernyataan Sikap DPP Hidayatullah atas Insiden Tolikara Papua

Pernyataan Sikap DPP Hidayatullah atas Insiden Tolikara Papua

Baca Juga

Berita Lainnya