Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Surat Pembaca

RUMAN Aceh Galakkan Program Mengaji Ba’da Maghrib

RUMAN Aceh saat memberi bimbingan belajar (bimbel) secara gratis bagi anak-anak usia TK dan SD
Bagikan:

Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh melalui Divisi Anak yang diketuai oleh Riski Sopya S.Pd menyediakan sarana bimbingan belajar (bimbel) secara gratis bagi anak-anak usia TK dan  SD dari kalangan keluarga kurang mampu mulai 8 April 1013.

Sebelumnya, RUMAN Aceh hanya fokus pada penyediaan akses buku-buku bacaan secara gratis bagi mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri serta masyarakat umum. Program ini disebut dengan pustaka gratis untuk komunitas.

Divisi Anak RUMAN Aceh, pada awal aktivitasnya mengadakan bimbingan belajar setiap hari Senin hingga Jum’at, pukul 1.30 siang hingga 4.00 petang. Namun, usai Hari Raya Idul Adha lalu, jadwal bimbel anak-anak dirubah menjadi malam pada hari Minggu hingga Rabu. Yakni, pukul 19.00 hingga 20.30 atau selepas shlalat maghrib hingga lepas Isya.

Yang tidak berubah dari periode pertama dan kedua adalah setiap usai kegiatan, semua anak binaan RUMAN Aceh yang berjumlah 60 orang itu mendapatkan makanan ringan seperti wafer tango, dan sebagainya.

Materi bimbel tersebut terdiri dari belajar mengenal hurup, membaca, menulis dan berhitung atau calistung untuk usia anak-anak prasekolah. Belajar mengenal hurup yang dimaksud adalah hurup Latin dan juga Arab. Hurup Arab dikenalkan dengan menggunakan metode Iqra’. Untuk anak usia Sekolah Dasar, materinya selain belajar mengaji juga ada pelajaran sekolah seperti matematika.

Perubahan jadwal bimbel anak-anak binaan RUMAN Aceh ternyata membawa dua hikmah. Pertama, RUMAN Aceh telah berpartisipasi aktif dalam program mengaji Al-Quran setelah maghrib yang digalakkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Kedua, bimbel RUMAN Aceh, khususnya belajar Iqra, dari segi usia anak-anak binaan, ternyata melengkapi tiga tempat pengajian yang telah ada sebelumnya di Lingkungan Tuan Dipakeh 2 Kelurahan Punge Blangcut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh; Tengku Abubakar, Imam Mushalla, khusus usia remaja; Tengku Nawi, tuha peut (tetua adat) yang  mengajari anak Sekolah Dasar kelas 6 hingga 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dan, Tengku Yahlud, mengajari anak SD kelas 4-6.

“Ya, kami baru menyadarinya sekarang bahwa peran RUMAN Aceh melengkapi peran tiga Tengku yang telah ada sebelumnya. Dengan begitu, program pemerintah “Mengaji Al-Quran Setelah Maghrib” telah tercapai di semua level usia anak”, ungkap Ahmad, Pendiri Pustaka dan Bimbel RUMAN Aceh.

Nah, bagi pembaca yang hendak berbagi bahagia bisa hubungi RUMAN Aceh.*

Ahmad Arif

Pendiri RUMAN Aceh

Hand Phone, 081360295521  

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

KPK Harus Tangkap Trio “Lintah” ESDM yang Disebutkan Dalam BAP RR

KPK Harus Tangkap Trio “Lintah” ESDM yang Disebutkan Dalam BAP RR

BK-LDK Tolak Pengesahan RUU Intelijen

BK-LDK Tolak Pengesahan RUU Intelijen

MUI Jatim Himbau Masyarakat Tidak Terprovokasi

MUI Jatim Himbau Masyarakat Tidak Terprovokasi

LDK se-Indonesia Dukung Freedom Flotilla II

LDK se-Indonesia Dukung Freedom Flotilla II

Tanggapan MIUMI Aceh Atas Kontestan Miss Indonesia dari Aceh

Tanggapan MIUMI Aceh Atas Kontestan Miss Indonesia dari Aceh

Baca Juga

Berita Lainnya