Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Surat Pembaca

MUI Jatim Himbau Masyarakat Tidak Terprovokasi

Bagikan:

Hidayatullah.com–Melihat perkembangan terbaru tentang peristiwa kerusuhan di Ambon, hari ini (13/09/2011) GUIB (Gerakan Ummat Islam Bersatu) Jatim, sebuah lembaga yang beranggotakan Ormas-ormas Islam dibawah naungan MUI Jatim melakukan Pertemuan yang diikuti oleh anggota GUIB yang terdiri dari berbagai organisasi Islam di Jawa Timur ini menghasilkan sikap GUiB Jatim berkaitan dengan kerusuhan di Ambon.

Dalam pertemuan yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum MUI Jatim, KH. Abdushomad Buchori bahwa;

Pertama, MUI dan GUIB menghimbau agar masyarakat di Jawa Timur tidak terprovokasi dengan berbabagi informasi dan berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan berkaitan dengan kerusuhan di Ambon, karena kalau sampai masyarakat terprovokasi akan semakin memperkeruh suasana. Kita serahkan dan percayakan sepenuhnya kepada aparat untuk menyelesaikan kerusuhan di Ambon. Dan kami meminta aparat untuk berbuat adil dengan menghukum mereka yang jelas-jelas melakukan pelanggaran dalam peristiwa ini.

Kedua, kalangan ummat Islam sendiri diminta untuk tetap waspada, dengan tetap menjaga krukukan dengan sesama ummat muslim maupun meningkatkan hubungan baik dengan aparat. Dan melihat peristiwa kerusuhan di Ambon dengan lebih proporsional, dan lebih arif.

Ketiga, kita sepakat tidak ada ormas Islam di Jatim yang membentuk lascar atau pasukan apapun untuk dikirim ke Ambon. Kita serahkan sepenunya kepada aparat kepolisian maupun aparat keamanan lainnya.

Keempat, agar kondisi kekerasan di Ambon tidak semakin meluas kami meminta aparat keamanan untuk segera menangani dan mengusut secepat mungkin penyebab kerusuhan Ambon. Hal ini agar masyarakat tidak kehilangan kepercayaan yang akhirnya melakukan tindakan sendiri.

GUIB Jatim terdiri dari 37 ormas Islam di Jatim antara lain : Muhammadiyah, NU, Hidayatullah, Al Irsyad, ICMI, Al Bayyinat, FPI, PII, PBHMI, HTI, dll.

Kelima, MUI Jatim dan GUIB Jatim secepatnya memberikan rekomendasi kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah pusat terkait sikap dan harapannya terhadap kasus kerusuhan di Ambon

Wass

Abd.Rahman Azis
Ketua Bid. Informasi & Komunikasi – MUI Jatim

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

TVRI Juga Siarkan Ceramah Islam Setiap Pagi

TVRI Juga Siarkan Ceramah Islam Setiap Pagi

Donor ASI, Solusi Kisruh Susu Berbakteri

Donor ASI, Solusi Kisruh Susu Berbakteri

Apresiasi Wapres Bapak Jusuf Kalla

Apresiasi Wapres Bapak Jusuf Kalla

Kronologis Serangan JAT di Mojokerto

Kronologis Serangan JAT di Mojokerto

Pernyataan LSBO PP Muhammadiyah  tentang Pentas Lady Gaga

Pernyataan LSBO PP Muhammadiyah tentang Pentas Lady Gaga

Baca Juga

Berita Lainnya