Ribuan Jamaah Resmikan Masjid Raya Sumbar

Masjid Raya ini terletak di kawasan Khatib Sulaiman kota Padang, dibangun di atas tanah luas 40,9 hektare. Peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumbar, ketika itu, Gamawan Fauzi.

Ribuan Jamaah Resmikan Masjid Raya Sumbar
D Nurja

Terkait

Hidayatullah.com-Kendati  pembangunan belum tuntas seratus persen,  Masjid Raya Sumbar, masjid  terbesar di  provinsi Sumatera Barat, secara resmi difungsikan mulai Jumat (07/02/2014).

Peresmian  ditandai dengan shalat Jumat perdana. Setidaknya, tiga ribu jamaah ikut menunaikan shalat Jumat bersama Gubernur  H Irwan Prayitno dan sejumlah pejabat.  Ketua MUI Sumbar Syamsul Bahri Khatib sebagai khatib Jumat.

Gubernur Sumbar menyatakan,  mulai jumatan perdana ini, Masjid Raya Sumbar seterusnya akan dimanfaatkan untuk shalat berjamaah, shalat Jumat dan aktivitas keislaman lainnya  oleh umat.

Untuk kelanjutan pembangunannya, Pemprov Sumbar  telah mengalokasikan anggaran Rp18 miliar lebih pada APBD 2014 ini.

“Pembangunan Masjid kebanggan Sumbar ini terus dilanjutkan secara bertahap  dengan pengalokasian APBD  setiap tahunnya sampai  benar-benar tuntas. Namun tetap dibutuhkan juga sumbangan dari para donatur dan  bantuan dalam bentuk lainnya, seperti bantuan karpet dari Turki  yang baru tiba,” ujar Irwan.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Sumbar Leonardy Harmainy  menyatakan  untuk merampungkan seluruh bangunan masjid dan sarana pendukungnya,  memerlukan biaya sebesar Rp440 miliar.

Setelah bangunan masjid siap, maka akan akan dibangun lagi menara masjid. Menara itu, akan dipadukan dengan corak menara Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Selain itu, juga akan dibangun  Islamic Center.

Masjid Raya ini  terletak di kawasan Khatib Sulaiman kota Padang,  dibangun di atas tanah luas 40,9 hektare. Peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumbar,  ketika itu, Gamawan Fauzi.

Untuk saat ini,  masjid ini   merupakan  terbesar di Sumbar.

Masjid ini dibangun merujuk  desain arsitek Rizal Mus­li­­min setelah ia memenangkan sayembara  desain masjid yang diikuti 32­3 peserta dari berbagai negara. *

Rep: D. Nurja

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !