Buka Puasa Bareng Kolonel di Kapal Perang “Siluman” TNI AL

Kedatangan kapal perang ini ke kabupaten penghasil cengkeh itu sebatas singgah dan berlabuh sesaat di Pelabuhan Dede, Tolitoli.

Buka Puasa Bareng Kolonel di Kapal Perang “Siluman” TNI AL
zulkifli
Komandan Kapal Perang I Gusti Ngurah Rai KRI-332, Kolonel Laut (P) Hendry Ballo (jaket hitam), berbuka puasa bareng pejabat Kabupaten Tolitoli dan warga masyarakat di atas kapal perang TNI AL itu, yang sedang bersandar di Pelabuhan Dede, Tolitoli, Kamis (16/05/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Bulan Ramadhan seringkali dimanfaatkan oleh siapa saja untuk menjalin silaturahim. Acara buka puasa bersama (bukber) pun kerap dijadikan momentum yang dinilai tepat untuk berkumpul. Akan jadi lebih berkesan tatkala tempat acaranya istimewa.

Begitulah yang dirasakan warga dan tokoh di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, termasuk Zulkifli. Pria yang juga pegiat dakwah di daerah ini termasuk yang diundang untuk berbuka puasa bareng keluarga besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut.

Menariknya lagi, acara bukber tersebut berlangsung di kapal perang TNI AL, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 (GNR-332), Kamis (16/05/2019).

Saat itu, KRI-332 tersebut sedang berlabuh di Pelabuhan Dede, Tolitoli. Informasi dihimpun, kedatangan kapal perang ini ke kabupaten penghasil cengkeh itu sebatas singgah dan berlabuh sesaat di Pelabuhan Dede. Setelah itu, KRI-332 akan melanjutkan perjalanan patroli di seluruh wilayah perairan laut NKRI.

KRI-332 adalah salah satu barisan baru dalam alutsista TNI. Kapal ini mulai beroperasi sejak Januari 2018, dan saat ini di bawah kendali komandan Kolonel Laut (P) Henry Ballo.

Di kalangan militer, KRI-332 dikenal sebagai kapal “siluman”, sebab salah satu fiturnya yang memungkinkan agar tidak mudah terdeteksi musuh.

Dalam kesempatan bukber itu, turut hadir memenuhi undangan Kolonel Hendry Ballo yaitu Danlanal, Kejari, Wakil Bupati Tolitoli, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah Allah masih berikan kesempatan untuk berbuka puasa bersama keluarga besar TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Pak Henry Ballo di Kab Tolitoli,” tutur Zulkifli kepada hidayatullah.com.

Zulkifli mengaku senang bisa turut merasakan bukber di kapal perang canggih tersebut. “Kapal Angkatan Laut yang baru setahun di Indonesia,” tuturnya.

Selain bukber, ia juga sempat berfoto bareng dengan Henry Ballo. “Pesannya (beliau) jika ada yang mau mendaftar untuk masuk ke Angkatan Laut bisa segera mendaftar baik pria maupun wanita. Alhamdulillah kapten kapal berjumlah 5 orang 1 wanita,” tuturnya.

Zulkifli (kiri) berfoto bareng Komandan Kapal Perang I Gusti Ngurah Rai KRI-332, Kolonel Laut (P) Hendry Ballo. [Foto: Istimewa]

Sang kolonel menyampaikan terima kasih atas kehadiran mereka semua. Semoga melalui momentum bulan suci Ramadhan ini, terbangun silaturahim yang kuat, ucap Kolonel Hendry Ballo dalam sambutannya.

Bukber berlangsung di atas kapal di bawah guyuran hujan. Usai bukber, para hadirin melaksanakan shalat magrib berjamaah.

“Usai shalat magrib (di masjid) kami menyantap menu hidangan makan malam bersama sambil mendengarkan sambutan dari Wakil Bupati Tolitoli,” tutur Zulkifli memungkas.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !