Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Syiar Ramadhan

Termasuk Ambon dan Papua, Puluhan Pemuda Diterjunkan Berdakwah ke Pelosok Nusantara

Kholil Hibri
Syabab Jatim kirim puluhan dai muda ke pelosok Nusantara, dalam rangka dakwah Ramadhan 1438 H.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Momentum Ramadhan 1438 H kali ini jadi ajang aksi nyata Syabab Hidayatullah Jawa Timur (Jatim), untuk berperan aktif memberi pencerahan di masyarakat.

Organisasi kepemudaan ini menerjunkan puluhan dai muda ke pelosok Nusantara.

“Ramadhan adalah momentum yang sangat pas untuk memberi pencerahan bagi masyarakat, guna meningkatkan spiritualitas mereka, terutama generasi muda,” ujar Sauma, Ketua Pimpinan Wilayah Jatim organisasi itu.

Dipilihnya dai-dai muda, tambahnya, mengingat besarnya potensi yang terkandung dalam diri mereka. Semua unsur yang dibutuhkan dalam gerak dakwah, ada pada mereka, mulai dari kekuatan fisik, idealisme, dan semangat masih membara.

Baca: Ramadhan, Para Mahasiswi ini Diterjunkan Berdakwah ke Pelosok Nusantara

Di lain sisi, medan yang menjadi target dakwah terbilang tidak ringan. Karena memang yang menjadi sasaran utama adalah daerah-daerah pedalaman, yang masih sangat membutuhkan sentuhan dakwah.

“Untuk luar Jawa, ada beberapa dai yang kita utus untuk berdakwah di Ambon dan Papua,” ungkap Sauma, beberapa waktu lalu.

Kata Sauma, selain faktor idealisme dan mental, ada misi lain yang menjadi target pengiriman dai muda ini; kaderisasi dai.

“Semua maklum, bahwa regenerasi dalam suatu perjuangan itu keniscayaan. Dalam rangka mempersiapkan hal itu, dai-dai muda menjadi pilihan untuk terjun langsung ke gelanggang, agar mereka memiliki pengalaman,” tambah Sauma.

Sebagai bekal, sebelum diterjunkan, para dai muda ini telah dibekali dengan berbagai pelatihan, terutama mengenai metode dakwah, agar tak terjadi gesekan dengan masyarakat yang didatangi.

Baca: Sambut Ramadhan, YDC Ulul Albab Fokus Dakwah Pinggiran

Sementara itu, Nashrullah, salah seorang dai yang mendapat tempat tugas daerah Papua, menyampaikan keantusiasannya mengikuti program ini.

“Ini adalah kesempatan yang sangat mahal bagi kami generasi muda, karena akan langsung bertatap muka dalam berdakwah dengan masyarakat yang boleh jadi berkarakter sangat beda,” ungkapnya dengan nada penuh semangat.

Program ini dikelar bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim, Surabaya, dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim, serta Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Hidayatullah Jatim.*

Rep: Kholil Hibri
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Underground Tauhid Bangkitkan Semangat Boikot Zionis-Israel

Underground Tauhid Bangkitkan Semangat Boikot Zionis-Israel

Santri Gunung Tembak kumpulkan Rp 91 Juta untuk Rakyat Palestina

Santri Gunung Tembak kumpulkan Rp 91 Juta untuk Rakyat Palestina

BMH adakan BDUG bersama Gubernur Termuda

BMH adakan BDUG bersama Gubernur Termuda

Wakaf al Quran Suara Hidayatullah Kepada WTS Bangunsari

Wakaf al Quran Suara Hidayatullah Kepada WTS Bangunsari

[Berita Foto] Antrian Masuk Al-Quds

[Berita Foto] Antrian Masuk Al-Quds

Baca Juga

Berita Lainnya