Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Syiar Ramadhan

Di Balikpapan Juga, Mengaji 1 Juz Gratis 2 Liter Pertalite

febryan/PENA Kaltim
SPBU ini terletak di Karang Anyar, Balikpapan, Kalimantan Timur.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Berbagai cara dilakukan oleh kaum Muslimin untuk menyemarakkan Ramadhan. Seperti yang terlihat pada SPBU 61.761.01 di simpang tiga Karang Anyar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis, 11 Ramadhan 1437 (16/06/2016).

Guna mendorong masyarakat untuk giat membaca dan mentadaburi al-Qur’an, SPBU ini menggelar program “1 juz = 2 Liter Pertalite”. Warga yang telah membaca 1 juz al-Qur’an di SPBU itu, berhak mendapatkan BBM gratis dengan jenis dan jumlah tersebut.

Program yang cukup unik ini disambut masyarakat dengan berbondong bondong untuk menyemarakkannya. Program ini dilaksanakan sepanjang pukul 13.00-18.00 WITA, sejak awal pekan ini hingga akhir Ramadhan 1437.

Di mushalla SPBU itu, terlihat berbagai kalangan masyarakat, dari anak kecil, remaja, hingga orang tua, khusyuk membaca al-Qur’an. Ruangan yang bersih dan sejuk menambah rasa betah bagi mereka untuk melantunkan ayat suci al-Qur’an.

Dzaky, staf SPBU yang bertanggung jawab pada program itu, mengatakan, kegiatan ini digelar untuk menyemarakkan Ramadhan.

“Alhamdulillah, program ini diluncurkan 3 hari yang lalu. Animo masyarakat juga sangat baik terhadap program ini. Karena Ramadhan adalah Syahrul Qur’an, maka kami juga ingin mendapatkan pahala dengan memberikan ruang bagi masyarakat untuk membaca al-Qur’an,” kata Dzaky.

“Setiap hari kami menyiapkan sekitar 30 kupon (pendaftaran peserta). Alhamdulillah, hari ini lebih banyak yang datang ke sini. Sekitar 20 orang sudah datang sebelum ashar ini. Biasanya semakin ramai menjelang berbuka puasa,” lanjutnya siang itu.

Nurdin, salah seorang warga yang kami temui bersama anaknya di mushalla SPBU, menyambut baik program ini. Ia mengaku mengikutinya juga untuk membantu anaknya dalam murojaah (mengulang-ulang) hafalan al-Qur’an.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat baik, mendorong orang untuk membaca al-Qur’an. Karena kejayaan Islam itu bisa kembali ketika masyarakat mulai membaca, menghafal, dan mentadaburi al-Qur’an,” ujarnya.

Peserta cilik membaca al-Qur'an sekaligus mengulang hafalannya. [Foto: Febryan]

Peserta cilik membaca al-Qur’an sekaligus mengulang hafalannya. [Foto: Febryan]

Bukan Karena Hadiah

Nurdin berharap, semoga Muslimin yang mengikuti program ini bukan karena hadiahnya. Tapi semata-mata wasilah agar Ramadhan kali ini semakin dekat dengan al-Qur’an.

“Anak saya ini alhamdulillah sudah hafal beberapa juz. Tadi pas lewat, yah sekalian saja saya singgah untuk mendampingi anak saya murojaah hafalannya. Anak saya juga sangat senang dengan kegiatan ini, supaya hafalannya tidak hilang,” lanjut tersenyum.

Menurut Dzaky, dari data yang dimilikinya, baru SPBU 61.761.01 tersebut yang menggelar program demikian di Balikpapan.

“Semoga ini menjadi awal semoga SPBU yang lainnya bisa mengikuti. Kami pun mengikuti program yang sudah berjalan di beberapa kota, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur,” ungkapnya. [Baca: Mengaji 1 Juz, Gratis 2 Liter BBM di Jakarta, Bekasi, dan Ngawi]

Hal unik lainnya di SPBU Karang Anyar, Balikpapan ini, panitia menyiapkan alat pengeras suara di luar mushalla. Sehingga, lantunan ayat suci al-Qur’an yang dibaca oleh peserta program itu dapat terdengar oleh para pelanggan SPBU serta warga sekitar.

Apakah SPBU ini tidak rugi karena menggratiskan Pertalite kepada sebagian konsumen?

“Alhamdulillah, insya Allah tidak! Malah SPBU ini salah satu yang paling ramai ketika masyarakat mengisi bahan bakar. Semoga ini menjadi keberkahan bagi kita semua,” tegas Dzaky mantap.* Kiriman Febryan Wardana, pegiat komunitas PENA Kaltim

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Syeikh Ali Jaber Ingin Aceh Jadi “Aceh Al Quran”

Syeikh Ali Jaber Ingin Aceh Jadi “Aceh Al Quran”

Imam Asal Palestina Pimpin Shalat Shubuh Terakhir di ar-Riyadh

Imam Asal Palestina Pimpin Shalat Shubuh Terakhir di ar-Riyadh

Uni Emirat Arab Bagi-Bagi Sembako Ramadhan

Uni Emirat Arab Bagi-Bagi Sembako Ramadhan

Jadwal Tarawih Bersama Imam dari Gaza dan Suriah Wilayah Jabodebek

Jadwal Tarawih Bersama Imam dari Gaza dan Suriah Wilayah Jabodebek

Rumah Sakit Aljazair Gelar Sunatan Massal di Sepuluh Terakhir Ramadhan

Rumah Sakit Aljazair Gelar Sunatan Massal di Sepuluh Terakhir Ramadhan

Baca Juga

Berita Lainnya