Selasa, 6 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Syiar Ramadhan

Wapres JK: Ramadhan Bulan Silaturahim, Tingkatkan Amal Ibadah

Berita Satu
Tausiyah Tarawih JK di Masjid Sunda Kelapa
Bagikan:

Hidayatullah.com– Wakil Presiden H.M Jusuf Kalla mengatakan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, Ramadhan adalah bulan bersilaturahim sebab, setiap malam satu dengan yang lainnya saling bertemu di masjid dalam rangka menjalankan shalat isya’ dan tarawih berjama’ah.

“Dalam lingkungan keluarga, Ramadhan juga sebagai bulan silaturahim. Kadang-kadang di luar bulan Ramadhan kita ingin bisa makan bersama dengan anak dan istri. Alhamdulillah, itu bisa terjadi saat bulan Ramadhan seperti ini, baik saat berbuka ataupun sahur. Ini adalah sebuah kenikmatan bagi kita,” kata JK saat memberikan tausyiah tarawih di Masjid Sunda Kelapa, Ahad (20/06/2015) malam.

Semua kenikmatan itu, menurut JK, tidak ada pada bulan biasa melainkan hanya bulan Ramadhan. Untuk itu, ia mengajak jama’ah sholat tarawih supaya selalu memanfaatkan waktunya untuk meningkatkan amal ibadah selama bulan Ramadhan.

“Untuk itu, marilah kita selalu memanfatkan waktu di bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan amal ibadah atau kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa mendatangkan manfaat baik bagi diri kita sendiri ataupun orang lain,” ujar Kalla.

Namun, di balik semua kenikmatan itu, lanjut Kalla, jika melihat di negera-negara Islam yang lainnya, masih banyak cobaan-cobaan atau kesulitan-kesulitan yang dialami warganya seperti tidak bisa menikmati puasa karena hidup di tenda-tenda pengungsian dan seterusnya.

“Sekitar 30 persen, itu terjadi di 12 negara Islam dari 40 negara Islam di penjuru dunia, seperti di Iraq, Suriah, Yaman, Afganistan, Mesir, Libya, Nigeria, Somalia dan seterusnya. Sungguh menyedihkan jika kita melihat beritanya, ada orang ketawa sambil membawa senjata, ada orang bersedih karena rumahnya dihancurkan, tempat suci dibom dan sebagainya,” ujar Kalla.

Alhamdulillah, imbuh Kalla lagi, semua itu tidak terjadi di Indonesia dan menurutnya, sudah sepantasnya jika umat Islam di Indonesia senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebab jika umat Islam tidak mau bersyukur maka, lanjutnya, adzab Allah yang akan diterima bangsa negeri ini.

“Selain bersyukur jangan lupa kita doakan juga saudara-saudara kita yang kini di negaranya sedang dilanda cobaan, musibah, kesulitan dan lain sebagainya,” pungkas Kalla.*

Rep: Achmad Fazeri
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Omzet Pedagang Meningkat di Akhir Ramadhan

Omzet Pedagang Meningkat di Akhir Ramadhan

Bachtiar Nasir: Pemuda Islam tak cukup hanya I’tikaf tapi Lupakan Persoalan Umat

Bachtiar Nasir: Pemuda Islam tak cukup hanya I’tikaf tapi Lupakan Persoalan Umat

Jihad Terakhir Umat Islam untuk Mujahid Suriah adalah Do’a

Jihad Terakhir Umat Islam untuk Mujahid Suriah adalah Do’a

‘Tarawih di Penjara Indonesia Seperti Mimpi’

‘Tarawih di Penjara Indonesia Seperti Mimpi’

Forum Tarbiyah Berbagi Bingkisan pada 564 Warga Indonesia di Malaysia

Forum Tarbiyah Berbagi Bingkisan pada 564 Warga Indonesia di Malaysia

Baca Juga

Berita Lainnya