Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Syiar Ramadhan

YISC Masjid Al-Azhar Gelar Program Ramadhan 1436 H Dakwah Di Mal

adibhasan wp
Gerbang Utama Masjid Sunda Kelapa
Bagikan:

Hidayatullah.com– Ketua Panitia Penyeleggara Program Ramadhan 1436 Hijriyah Youth Islamic Study Club (YISC) Al-Azhar, Lutfan mengatakan bahwa Ramadhan tahun ini YISC Al-Azhar memiliki beberapa program, di antaranya yaitu dakwah di mal.

“Acara dakwah di mal ini kita punya tagline #Ketika Hidayah Menyapa dan materinya lebih fokus kepada hijrah menuju kebaikan. Untuk itu kita hadirkan beberapa inspirator sebagai pembicara dengan harapan mampu menginspirasi para peserta serta pengunjung mal yang mau singgah sejenak mengikuti acara ini,” kata Lutfan saat ditemui hidayatullah.com, di sela-sela acara Program Dakwah Di Mal FX Sudirman Atrium 3 Jakarta Pusat, Sabtu (20/06/2015) sore.

Program dakwah di mal itu dikemas dalam bentuk seminar inspiratif bertema “Melangkah Tanpa Lelah, Berubah Penuh Berkah” dengan mengahdirkan pembicara seperti: Salman Al-Jugjawy (Sakti Seila On Seven), Lyra Virna (Mantan Artis), Peggy Melati Sukma (Mantan Artis), Febiranti Almeera serta Ustadz Bendri Jaisyurrahman.

Lutfan mengungkapkan alasan kenapa diadakan program dakwah Ramadhan di mal. Pertama, kalau melihat mal itu selalu identik dengan hiburan atau belanja. Nah, YISC ingin keluar dari mindstream seperti itu dan juga ingin memberikan suatu jalan hidayah bagi para peserta atau pengunjung mal melalui acara tersebut.

“Acara dakwah di mal kami rasakan bisa menyeluruh melaksankan dakwah itu. Dan kedua, tentu kita berharap bisa memperluas ladang dakwah kita dan inilah wujud dakwah dari YISC Al-Azhar dalam berkontribusi untuk masyarakat,” imbuh Lutfan.

YISC sendiri, kata Lutfan, Ramadhan 1436 H ini memiliki program yang diberi nama Cahaya Ramadhan Cahaya Masjid (CRCM) yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, termasuk salah satu di antaranya kegiatan dakwah di mal tersebut.

“InsyaAllah minggu depan kita akan mengadakan kegiatan bakti sosial dan sahur bersama yang kita namai “share and care” dengan dua macam format yaitu Sabtu (27/06/2015) pagi, kita ada renovasi rumah belajar bersama di lapak daerah Pejaten, Jakarta Timur. Lalu peresmiannya akan kita adakan Ahadnya (28/06/2015) bersamaan acara sahur bersama,” ungkap Lutfan.

Selain itu lanjut Lutfan, ada pesantren kilat yang diperuntukan bagi adik-adik yang kurang mampu, anak yatim dan dhuafa yang diselenggarakan oleh Program Adik Asuh Youth Islamic Studie Club (PAYISC) Al-Azhar dengan cara mengajari mereka ilmu keagamaan dan sebagainya.

“Selanjutnya kegiatan pesantren kilat untuk umum, acara ini lebih fokus mengenai motivasi diri yaitu mengenal karakter seorang muslim dan kita punya tagline “Two Days to be an Expert (TDE)” yang artinya dengan dua hari tersebut para peserta bisa mendapatkan ilmu dan dengan ilmu diharapkan pribadi para peserta bisa menjadi lebih baik,” kata Lutfan.

Dan berikutnya, kata Lutfan, ada juga program berbuka bersama (Bukber) Civitas Al-Azhar, yang InsyaAllah YISC sedang mengusahakan menghubungi Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin dan Adiyaksa Daud supaya bisa hadir menjadi pembicara.

“Acara puncak yang lebih kita arahkan untuk masyarakat di lingkungan sekitar Al-Azhar yaitu Biliar (Bingkisan Lebaran) yang akan dibagi-bagikan di sekitar lingkungan Al-Azhar, tentu bagi yang membutuhkan,” kata Lutfan.

Dengan segala rangkaian Ramadhan 1436 H tersebut, para pengurus YISC berharap bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, serta bisa mendapatkan keberkahan, cahaya ataupun hidayah pada Ramadhan tahun ini, yaitu sesuai dengan tema program Ramadhan 1436 H, “Menggapai Kemilau Cahaya Ramadhan”.

“Di mana kita berharap selain bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, kita juga akan mendapatkan keberkahan, cahaya ataupun hidayah dalam bulan Ramadhan tahun ini,” pungkas Lutfan.*

Rep: Achmad Fazeri
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Tips Menghafal Al-Qur’an Menurut Syaikh Ahmad Ziyadah

Tips Menghafal Al-Qur’an Menurut Syaikh Ahmad Ziyadah

Ramadhan Kali Ini Merawat Iman dan Tanaman

Ramadhan Kali Ini Merawat Iman dan Tanaman

Umat Islam Awali Ramadhan di Tengah Suhu Panas

Umat Islam Awali Ramadhan di Tengah Suhu Panas

Doa untuk Suriah dan Rohingya Dari Musholla Baabul Firdaus

Doa untuk Suriah dan Rohingya Dari Musholla Baabul Firdaus

Sahur On The Street Bersama LKG TPQ

Sahur On The Street Bersama LKG TPQ

Baca Juga

Berita Lainnya