Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Syiar Ramadhan

Ramadhan Spesial di Kampus UNS

ilustrasi
Bagikan:

Hidayatullah.com–Nurul Huda Islamic Center atau biasa dikenal sebagai Masid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan serangkaian acara dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan 1435H/ 2014.

Mengambil tajuk “Ramadhan Di Kampus 1435” (RDK 35), tema yang diusung tahun ini adalah “Ramadhan Spesial”.

Menjadi spesialnya kegiatan ini karena kegiatan yang tahun sebelumnya hanya diusung oleh JN UKMI sebagai UKM kerohanian Islam ditingkat Univesitas, tahun ini diusung bersama-sama oleh Takmir, JN UKMI, LAZIS UNS dan juga UKM Ilmu Qur’an.

Bertempat di Aula Utama Masjid Nurul Huda pada hari jum’at tanggal 27 Juni 2014, RDK 35 ini secara resmi dibuka oleh Presidium Takmir Masjid Nurul Huda Dr. Eng. Syafi’i.

Dalam acara grand opening RDK 35 ini juga diselenggarakan Tarhib Ramadhan Malam Bina Ruhiyah, dengan pembicara Ustad Dr. Muinudinillah Basri, MA. Direktur  Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Ibnu Abbas yang juga merupakan Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta.

Ustadz Muinunillah dalam tausyiyah nya menyampaikan beberapa bekal yang semestinya dipersiapkan oleh seorang Muslim untuk menyambut bulan ramadhan, dalam rangka menjadikan amalan dalam bulan ini ini sebagai amalan  terbaik kita.

Selepas tausyiyah dari Ustadz Muinudinillah, Ketua Umum JN UKMI Ridwan Hanafi mewakili Panitia RDK35 UNS menyampaikan jadwal rangkaian acara Ramadhan Di Kampus Tahun ini.

Dalam rangkaian pra Ramadhan RDK 35, telah diselenggarakan acara donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis pada Jum’at 20 Juni 2014 dan Seminar Parenting “Ramadhan Bersama Keluarga” 22 Juni 2014.

Di bulan Juli akan diselenggarakan Daurah Al Qur’an dan Buka Puasa bersama 1000 anak yatim. Juga ada kajian  spesial Ramadhan, khataman Al Qur’an, cooking competition, dan bakti sosial bersama Komunitas Muslimah Nurul Huda. Untuk kegiatan rutin sepanjang Ramadhan, panitia RDK 35 menyelenggarakan Kantin (Kajian Rutin) Ramadhan setiap sore yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama gratis.  Untuk pelaksanaan tarawih, takmir Masjid Nurul Huda mengadakan Sholat Tarawih berjamaah dengan konsep 1 juz/ malam. Yang akan dimulai dari juz pertama, lalu berurutan hingga malam-malam berikutnya. Sebagai imam sholat Tarawih adalah para mahasiswa anggota UKM Ilmu Qur’an.

Dalam rangka membantu jama’ah dan masyarakat umum yang hendak menunaikan ibadah zakat, infaq dan shodaqoh Masjid Nurul Huda lewat LAZIS UNS akan membantu menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh kepada mereka yang berhak menerimanya (mustahiq).

Bekerjasama dengan Pembina Agama Islam (PAI) UNS, program ZIS ini meliputi zakat fitrah, zakat maal (profesi), infaq sahur dan buka puasa, shodaqoh, wakaf Al Qur’an, wakaf perlengkapan Masjid, juga infaq khusus ramadhan berupa kado spesial yatim dhuafa.*

Rep: Anton R
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kehormatan Perempuan perlu Dijaga, Jilbab “Pelindungnya”

Kehormatan Perempuan perlu Dijaga, Jilbab “Pelindungnya”

Begini Para Ulama di Bulan Ramadhan

Begini Para Ulama di Bulan Ramadhan

Imam Palestina Berharap Bisa Jalin Hubungan Akidah Dengan Umat Islam Indonesia

Imam Palestina Berharap Bisa Jalin Hubungan Akidah Dengan Umat Islam Indonesia

JIC Adakan Sanlat Anak SD

JIC Adakan Sanlat Anak SD

Omzet Pedagang Meningkat di Akhir Ramadhan

Omzet Pedagang Meningkat di Akhir Ramadhan

Baca Juga

Berita Lainnya