Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Syiar Ramadhan

Tarhib Ramadhan PW Hidayatullah NTT

Bagikan:

Hidayatullah.com—Sehari menjelang puasa Ramadhan 1435 H, Pimpinan Wilayah Hidayatullah Kupang NTT adakan kajian Tahrib Ramadhan dengan mengambil Tema “Keutamaan dan Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan”.

Acara ini diadakan di beberapa tempat antara lain ; Kampus Putra dan Putri Hidayatullah Batakte Kupang Barat, Masjid Darul Hijrah Perumahan BTN Kolhua Kota Kupang dan Masjid al Hidayah Pasar Oesapa Kota Kupang. Kegiatan ini dalam rangka menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus Pimpinan Wilayah Hidayatullah NTT, Pimpinan Daerah Kota Kupang, Pengurus BMH Kota Kupang, Muslimat Hidayatullah NTT, pengurus serta jama’ah Masjid Darul Hijrah dan Masjid al Hidayah.

Acara berlangsung selama kurang lebih tiga hari mulai hari Senin-Rabu 23-25 Juni 2014 ini diseponsori oleh Baitul Mal Hidayatullah Kota Kupang dan Hidayatullah.com. Hadir sebagai Nara Sumber Ust. Drs. H. Hamim Thohari, M.Si (Ketua Dewan Syuro Pimpinan Pusat Hidayatullah Jakarta). Hamim menyampaikan, menghadapi Ramadhan ini semestinya dilakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum tiba waktunya.

Hamim memberi contoh ketika ada sekeluarga melakukan hajatan Walimahtul Ursy’ maka berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari tempat acara hingga resepsi pernikahan semuanya telah disiapkan dengan baik dan matang. Begitupun persiapan menghadapi bulan suci Ramadhan, setiap Muslim tentu telah mempersiapkannya lebih dari pada persiapan menghadapi hajatan walimah.
Tampak para jama’ah antusias menyimak apa yang diulas Hamim dalam ceramahnya.

Dalam ceramahnya Hamim menjelaskan betapa penting meraih kemuliaan Puasa Ramadhan.

“Sebab banyak sekali keutamaan yang ada pada bulan Ramadhan yang mesti kita raih dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.

“Di dalam bulan Ramadhan ada sebuah malam yang amalannya seperti seribu bulan yaitu ketika seorang hamba mendapatkanya maka seolah-olah telah melakukan amalan selama kurang lebih 83 tahun. Malam itu adalah malam Lailatul Qadar malam seribu bulan. Mudah-mudahan kita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini dengan penuh kegembiraan, penuh kecerian, penuh kesenangan dan dengan penuh kesungguhan mengharap ridho Allah,” demikian pesannya.

Sementara itu, Usman Aidil Wandan, ketua panitia menyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan agar persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan benar-benar dipersiapkan dan dijalankan dengan baik.

Kegiatan ini juga salah satu bentuk perhatian Hidayatullah NTT kepada jama’ah dan kaum Muslimin Kota Kupang dan sekitarnya agar lebih giat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“Semoga kita bisa meraih keutamaan-keutamaan yang ada dalam bulan Ramadhan dengan penuh keikhlasan semata-mata karna Allah Subhanahu Wata’ala.” /kiriman Man Wandan (Kupang NTT)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Suasana “Padang Arafah” di Kota Bharu

Suasana “Padang Arafah” di Kota Bharu

Masjid-masjid dengan Shalat Tarawih 1 Juz Al Qur’an

Masjid-masjid dengan Shalat Tarawih 1 Juz Al Qur’an

Ramadhan di Malaysia Lebih Terasa

Ramadhan di Malaysia Lebih Terasa

Pelajaran Cinta Annisa Soraya di Bulan Ramadhan

Pelajaran Cinta Annisa Soraya di Bulan Ramadhan

Yayasan Al-Khansa Santuni 700 Dhuafa dan Penyapu Jalan

Yayasan Al-Khansa Santuni 700 Dhuafa dan Penyapu Jalan

Baca Juga

Berita Lainnya