Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Syiar Ramadhan

Melalui Daurah Ramadhaniah Santri Dayah Darul Ihsan dapat Banyak Ilmu

ISTIMEWA
Para santri mendapatkan pembekalan
Bagikan:

Hidayatullah.com—Jika biasanya sekolah dan pesantren  diliburkan  selama bulan Ramadhan, namun  tidak dengan Dayah  Darul Ihsan Abu Hasan Kreung Kalee, Gampong  Siem, Darussalam, Aceh Besar.

Di tempat ini,   kegiatan tetap berjalsan seperti biasa.  Bahkan kali ini diadakan kegiatan tahunan berupa Daurah Ramdhaniah  (Belajar selama Ramadhan) selama empat belas hari terhitung mulai  tanggal  13 sampai 26 Juli 2013.

“Sekalipun membutuh biaya yang tidak sedikit,  pihak yayasan akan bertanggung  jawab penuh tentang kelangsungan belajar selama Ramadhan ini. Mengingat mendidik generasi yang mumpuni dalam hal duniawi dan  ukhrawi adalah tanggung jawab besar sudah menjadi hal wajar membutuhkan dana yang besar pula,” demikian salah satu pengantar H. Musannif, SE selaku pimpinan  yayasan  Abu Hasan Kreung Kalee

Ia bahkan sangat optimis dengan tenaga pengajar yang profesional insyaAllah program  daurah tahun lebih berhasil maksimal.

Sementara itu, Muhammad Faisal, S.Ag, M.Ag selaku mudir (pimpinan) Dayah Darul Ihsan berharap kepada semua unsur proaktif dalam mendukung kegiatan positif ini. Baik itu santri, wali santri, guru, pengurus, karyawan dan masyarakat sekitar pesantren. Ia juga berpesan kepada panitia daurah agar kegiatan tahun ini lebih sukses dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, panitia pengarah Dr H Abizal Muhammad  Lc  MA mengintruksikan  kepada Ustad Mustafa Husen Woyla sekalu koodinator untuk membuat kurikulum daurah Ramadhan mencakup semua pemahaman mendasar yang mesti diketahui dan mampu dikuasai oleh seorang Muslim aqil baligh usia sekolah tsanawiyah dan aliyah.

Adapun materi dan praktek yang diajarkan dalam  daurah Ramadhan ini antara lain yang berupa  fiqh puasa, fiqh wanita, fiqh zakat, pemantapan bahasa Arab dan Inggris.

Sementara dalam bentuk praktek antara lain; tahjiz mayyit, prakter imam, latihan pubic speaking, manasik haji dan latihan bilal tarawih.

Dalam rangka mengisi daurah  tidak hanya semata belajar formal namun ada juga pelatihan menulis puisi dan xerpen yang bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena Aceh (FLP) dan latihan menulis artikel ilmiah bekerjasama dengan Ikatan Penulis Santri Aceh (IPSA).*/Kiriman Mustafa Husen Woyla, Koodinator Daurah Ramadhan

 

Rep: -
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Imam Palestina Keliling Jatim, Warga Senang

Imam Palestina Keliling Jatim, Warga Senang

Tabligh Akbar ‘Penghianatan Syiah’ Dihadiri Ribuan Orang

Tabligh Akbar ‘Penghianatan Syiah’ Dihadiri Ribuan Orang

Ramadhan, Momentum Persatuan Umat Islam [1]

Ramadhan, Momentum Persatuan Umat Islam [1]

Bingkisan Iftar untuk 11 Ribu Keluarga India

Bingkisan Iftar untuk 11 Ribu Keluarga India

[Berita Foto] Di Sana Taqarrub di Sini Tengkurap

[Berita Foto] Di Sana Taqarrub di Sini Tengkurap

Baca Juga

Berita Lainnya