Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Syiar Ramadhan

Hafal 1 Juz Saat Ramadhan, Hadiah Rp 5 Juta

Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpengaraian, Rokan Hulu.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Dalam rangkaian  Program Gerakan Rokan Hulu Menghafal Al Quran, salah seorang PNS yang berhasil menunjukkan hafalan 1 juz Al Quran diberi hadiah Rp 5 juta oleh Bupati  Rokan Hulu Drs H Achmad MSi. Asrin SE, PNS dari Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal, menunjukkan hafalannya  saat Peringatan Nuzul Quran, sekaligus pencanangan Gerakan Rokan Hulu Menghafal Al Quran, di Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpengaraian, Ahad (5/8/2012) malam.

“Kalau sungguh-sungguh menghafal Al Quran, ternyata dalam satu bulan, sejak 1 Sa’ban grand opening Gerakan Rohul Menghafal Alquran, ada pegawai mampu hafal 1 juz. Ini berarti, kalau sungguh-sungguh belajar dan membaca Al Quran,  ternyata bisa. Karena kalau siapa yang membaca Al Quran, dapat hidayah dari Allah. Dana yang kita berikan, bentuk motivasi dan rangsangan serta spirit agar pegawai di Rohul hafal Al Quran lima tahun mendatang,’’ kata Drs H Achmad MSi.

Lebih kurang 10 ribu jamaah dan masyarakat dari 16 kecamatan di Rokan Hulu,  berbondong-bondong memadati Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpengaraian, bersamaan dengan 17 Ramadan 1433 H. Peringatan Nuzul Quran dan pencanangan Gerakan Rokan Hulu Menghafal Al Quran ini disiarkan secara langsung (live) oleh Riau Televisi (RTv) Pekanbaru, juga diliput televisi nasional.

Bupati Rohul Drs H Achmad MSi menyebutkan, pencanangan Gerakan Rokan Hulu Menghafal Al Quran serentak dilaksanakan di 16 kecamatan di Rohul. Program tersebut kelanjutan dari Program Magrib Mengaji yang dilaksanakan tahun 2010 lalu.

Maksudnya, Magrib dan Isya diisi dengan kegiatan mengaji, baik dilaksanakan di rumah-rumah dan di masjid maupun mushala. “Setelah sukses Program Magrib Mengaji ini, sekarang dilanjutkan dengan Gerakan Rokan Hulu Menghafal Al Quran,” jelasnya, dalam laman Riau Pos.

Ia mengatakan, Al Quran mau tidak mau harus dihafal setiap waktu, setiap menit, dan jam, karena sebagai pedoman dan petunjuk manusia.

‘’Kalau petunjuk itu dekat dengan kita, hidup akan teratur dan akan nyaman dan tentram. Kenapa, karena petunjuknya hari-hari ada pada kita. Dengan menghafal, maka secara bertahap isi kandungan Al Quran itu dapat dijadikan amalan, implementasi, dan petunjuk bagi umat Islam,’’ kata Achmad.

Achmad menambahkan, jika sepekan sebelum Idul Fitri ada pegawai di Rokan Hulu dan masyarakat yang hafal Al Quran 1 juz, mempunyai kesempatan mendapatkan bonus uang sebesar Rp5 juta dari Bupati Rohul.

Dia berharap dengan pencanangan Gerakan Rohul menghafal Alquran, setidaknya dua tahun ke depan, Rokan Hulu menjadi gudangnya penghafal Al Quran di Bumi Melayu ini, dan lima tahun ke depan akan menjadi pusat penghafal Al Quran di Indonesia.

“Ini semua tidak mustahil dan akan bisa diwujudkan, jika seluruh komponen mulai dari orang tua, alim ulama, pemuka adat, tokoh masyarakat dan pemerintah bersatu padu, bahu membahu dalam mendukung program ini. Maka akan terwujud, minimal 1 keluarga 1 penghafal Al Quran, yang akhirnya akan melahirkan generasi Qurani dan generasi Rabbani dalam mewujudkan Rokan Hulu Negeri Madani dan menuju Provinsi Riau Negeri Melayu yang Islami,’’ tuturnya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Kuis Ramadhan dari Al Quds

Kuis Ramadhan dari Al Quds

Selama Ramadhan, PPSM Ulil Albaab Bogor Laksanakan Shalat Tahajjud Jam 02 Dini Hari

Selama Ramadhan, PPSM Ulil Albaab Bogor Laksanakan Shalat Tahajjud Jam 02 Dini Hari

Saksi Perang Asful Ma’kul: Desa Sujaiyah Paling Banyak Lahirkan Mujahidin Gaza

Saksi Perang Asful Ma’kul: Desa Sujaiyah Paling Banyak Lahirkan Mujahidin Gaza

Acara Buka Puasa Bersama di Pentagon

Acara Buka Puasa Bersama di Pentagon

Al-Qur’an Semakin Membumi

Al-Qur’an Semakin Membumi

Baca Juga

Berita Lainnya