Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Syiar Ramadhan

Sehari Bersama Manhaj di PIP PKS Malaysia

Bagikan:

Hidayatullah.com–Program besar bertajuk Sehari Bersama Manhaj (1HBM) diadakan PIP PKS Malaysia pada 5 Agustus 2011 M bertepatan dengan 16 Ramadhan 1433 H.

Lebih dari 200 kader PKS yang berdomisili di Kuala Lumpur dan Selangor mengambil bagian dalam program yang diadakan di kompleks ADNI Training Center, kawasan Ampang, Kuala Lumpur ini.

Dr. Syarif Junaidi, Ketua PIP PKS Malaysia mengharapkan agar kegiatan ini dapat memotivasi para kader agar menjadi lebih shalih dan muslih.

“Tidak cukup hanya dengan penguasaan manhaj secara kognitif, tapi program ini harus berimbas pada peningkatan aspek psikomotoriknya juga,” tutur doktor lulusan Jepang ini.

Program 1HBM diisi dengan berbagai perlombaan: Cerdas Cermat Manhaj, Musabaqah Tilawah Al-Qur’an, Musabaqah hifzul Qur’an, Musabaqah Hifzul Hadith untuk ikhwan dan akhwat. Sementara itu, untuk anak-anak digelar acara perlombaan Fahmil Qur’an, Hafazan Al-Qur’an dan creativity project. Selama sehari penuh, peserta juga dituntut melakukan tilawah Al-Quran masing-masing sebanyak 3 juz.

Sementara itu, Ust. Dr. Usman Jakfar, Ketua Bidang Kaderisasi PIP PKS Malaysia yang menjadi penanggung jawab program 1HBM menilai adanya kemajuan yang sangat berarti dalam penguasaan materi dari para kader dibanding tahun sebelumnya. Beliau mengapresiasi keseriusan para kader dalam mempersiapkan diri mengikuti 1HBM.

Ghirah dan antusiasme para kader mengikuti program 1HBM sangat terasa. Hebatnya lagi, hal ini terus terjaga hingga ke ujung acara, saat adzan Maghrib dikumandangkan. Semua peserta terlihat bersungguh-sungguh mempersiapkan dirinya. Sambil menunggu giliran tampil, mereka terlihat khusyu’ melakukan muraja’ah hafalan al-Qur’an dan Hadithnya.

Untuk Hifzil Qur’an, kategori yang dilombakan masing-masing adalah 1 juz (juz 30) dan 2 juz (juz 29-30), sedangkan untuk Hifzul Hadith, kitab hadith yang dilombakan adalah kitab Hadith Arba’in an-Nawawiyah, masing-masing untuk kategori 20 hadith (1-20 hadith) dan 42 hadith (1-42 hadith). Sementara untuk Musabaqah Tilawah Al-Qur’an, peserta dituntut menunjukkan kefashihan, kelancaran dan keindahan dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Acara yang paling menarik perhatian dan menjadi favorit di setiap program 1HBM tiap tahun adalah lomba Cerdas Cermat. Kali ini, terdapat 14 grup yang bertanding manjajal penguasaan manhajnya. Dipandu oleh Ust. Dr. Usman Jakfar dan Ust. Dr. Fahmi Al-Kautsar yang bertindak selaku pembaca soal dan juri, acara cerdas cermat ini berjalan dengan seru, mencerahkan, dan sekaligus menghibur. Di samping soal-soal tentang manhaj tarbiyah, peserta juga diminta menebak foto-foto para pemimpin dunia Islam.

Menjelang penutupan, para juara untuk setiap musabaqah diumumkan kemudian diiringi dengan pembagian trophy dan bingkisan. Ust. Syahrin Awaludin dari WAMY Malaysia yang diundang secara khusus dalam acara ini menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif ikhwah Indonesia menggelar agenda Sehari Bersama Manhaj dengan beraneka perlombaan di dalamnya.

“Kami sangat tertarik dengan program 1HBM ini dan berniat mengimplementasikannya untuk ikhwah Malaysia. Insya Allah program tersebut akan kami adakan pada saat i’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ini. Jadi, kami akan adakan bukan hanya sehari, tapi sepuluh hari,” ujar beliau sambil tersenyum, seolah tidak mau kalah dengan inisiatif PIP PKS Malaysia.

Secara keseluruhan, program berlangsung meriah dalam suasana penuh keakraban dan keceriaan sekaligus menjadi forum silturrahmi di antara para kader dan keluarga. Tak lupa pula, kepeduliaan terhadap nestapa Muslim Rohingya, Myanmar juga ditunjukkan dengan pengumpulan dana bantuan.*/Abi Mumtaz, Malaysia

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Hati-hati Beli Kurma Israel!

Hati-hati Beli Kurma Israel!

Bersama Bupati Bulungan, BMH Serahkan Paket Ramadhan untuk Dai dan Imam Masjid Pedalaman

Bersama Bupati Bulungan, BMH Serahkan Paket Ramadhan untuk Dai dan Imam Masjid Pedalaman

Uji Nyali Berpuasa di Terminal Kampung Rambutan

Uji Nyali Berpuasa di Terminal Kampung Rambutan

Ramadhan Momentum untuk Berbagi

Ramadhan Momentum untuk Berbagi

SOA Adakan Acara Masuk Surga Bersama Keluarga Syuhada

SOA Adakan Acara Masuk Surga Bersama Keluarga Syuhada

Baca Juga

Berita Lainnya