Sabtu, 22 Januari 2022 / 18 Jumadil Akhir 1443 H

Syiar Ramadhan

Forum Tarbiyah Berbagi Bingkisan pada 564 Warga Indonesia di Malaysia

Untuk tahun ini, pendistribusian paket bingkisan dilaksanakan di kantin Kulliyyah of Education
Bagikan:

Hidayatullah.com–Forum Tarbiyah (FOTAR) International Islamic University Malaysia (IIUM) pada Sabtu, 4 Agustus 2012 menggelar hajatan  besar berupa pendistribusian paket bingkisan lebaran kepada seluruh tenaga kebersihan (cleaner dan landscaper) yang bekerja di lingkungan kampus utama IIUM di daerah Gombak, Kuala Lumpur.

Paket bingkisan berisi bahan-bahan makanan pokok untuk persiapan menyambut Idul Fitri itu dibagikan kepada 564 orang yang mayoritas berasal dari Indonesia.

Di IIUM, mereka terbagi ke dalam tiga gugus tugas, yaitu pekerja yang  bertugas di gedung-gedung fakultas dan rektorat (kulliyyah and rectory), asrama-asrama mahasiswa (mahallah), dan taman atau bagian luar ruangan (landscap), termasuk masjid, perpustakaan, sport and recreation center. Kampus IIUM Gombak  dengan semboyannya yang terkenal the Garden of Knowledge and Virtue ini terletak di kawasan berbukit seluas 700 hektar.

Forum Tarbiyah merupakan salah satu organisasi mahasiswa Indonesia di IIUM yang secara rutin mendistribusikan paket lebaran untuk para pekerja di kampus IIUM sejak tiga tahun terakhir ini.

Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini terjadi peningkatan yang luar biasa dari sisi penghimpunan dana sehingga panitiamampu  menyediakan jumlah paket untuk keseluruhan pekerja yang ada. Untuk tahun ini, pendistribusian paket bingkisan dilaksanakan di kantin Kulliyyah of Education.

Yuni Yuli Farikha, project manager kegiatan ini menyebutkan bahwa dana untuk kegiatan ini dihimpun dari para anggota FOTAR, mahasiswa dan dosen IIUM, serta beberapa ekspatriat Indonesia yang bekerja di Malaysia.

Selain itu, mahasiswa Malaysia dan mahasiswa internasional lainnya pun turut tergerak untuk berpartisipasi. Antusiasme para donator ternyata sangat tinggi dan di luar ekspektasi panitia, sehingga bahkan sempat muncul ide untuk menghentikan fundraising karena target telah terlampaui, namun akhirnya panitia tetap membuka diri menerima bantuan yang terus berdatangan.

“Pada mulanya kami hanya menargetkan 150 paket bingkisan, tapi subhanallah dana terus mengalir ke panitia, baik secara cash maupun transfer melalui bank. Akhirnya kami pun menaikkan target hingga dapat meng-cover seluruh pekerja yang ada di IIUM dan alhamdulillah target ini pun terpenuhi,” tambah kandidat Master of Finance, KENMS ini.

Sementara itu, para pekerja tampak sangat gembira menerima bingkisan dari FOTAR ini.

Khumso dan Misnadi yang sama-sama berasal dari Bawean menyatakan terharu dan kagum dengan kegiatan ini sembari mengungkapkan terima kasih kepada para mahasiswa Indonesia yang mau berbagi kebahagiaan dengan mereka menjelang tibanya Idul Fitri.

Ketika ditanya apakah mereka akan mudik di hari raya, “Tidaklah, belum ada ongkos, … tapi bingkisan daripada adik-adik mahasiswa ini boleh lah jadi penawar rindu pada kampung halaman,” ujar Misnadi dengan sedikit logat Melayu.*/Abi Mumtaz, Malaysia

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Seabrek Program Ramadhan Berbasis Qur’an Ditawarkan AQL

Seabrek Program Ramadhan Berbasis Qur’an Ditawarkan AQL

Isi Ramadhan, BAZNAS Gelar Orphan Camp untuk Yatim dan Dhuafa

Isi Ramadhan, BAZNAS Gelar Orphan Camp untuk Yatim dan Dhuafa

ACT Dirikan Dapur Umum untuk Korban Bencana di Sejumlah Titik

ACT Dirikan Dapur Umum untuk Korban Bencana di Sejumlah Titik

STIS Balikpapan adalah Sekolah Ramadhan

STIS Balikpapan adalah Sekolah Ramadhan

Bingkisan Iftar untuk 11 Ribu Keluarga India

Bingkisan Iftar untuk 11 Ribu Keluarga India

Baca Juga

Berita Lainnya