Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Syiar Ramadhan

Isi Ramadhan, BAZNAS Gelar Orphan Camp untuk Yatim dan Dhuafa

Bagikan:

Hidayatullah.com–Tidak semua anak mendapatkan kebahagiaan yang sama. Anak yang tidak memiliki orangtua lengkap sejak kecil pasti merindukan sosok yang hilang dari kehidupannya. Kebahagiaan mereka tentu jauh berbeda dengan kebahagiaan anak yang memiliki kedua orang tua dan mampu. Untuk itulah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai badan yang dibentuk melalui KEPPRES No. 8 Tahun 2001 mengajak untuk berbagi keceriaan terhadap sesama. Dengan memanfaatkan berkah bulan Ramadhan, BAZNAS ingin berbagi dengan 1000 anak Yatim dan Dhuafa di Jabodetabek dalam kegiatan Orphan Camp.

Menurut Corporate Secretary BAZNAS Hermin R Rachim Orphan Camp merupakan kegiatan pesantren kilat yang dikemas berbeda.

“Kegiatan ini mengambil tempat di Baladegana, Ciawi, Bogor dengan pertimbangan kapasitas memadai dan jauh dari hingar bingar kota metropolitan,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini tidak hanya berisikan tentang materi keagamaan melainkan pelatihan pendidikan mental, pelatihan menulis, pelatihan ketrampilan, dan suguhan hiburan.

Peserta orphan camp akan mendapatkan banyak hal dalam kegiatan ini, di hari pertama para peserta yang mayoritas berumur 13 – 17 tahun mendapatkan pengarahan tentang membangun masa depan yang sukses dari Rina Gunawan, Taufan Rotorasiko, Winda Viska, Ridwan Kamil dan Ade Rai.

Selain itu, mereka dapat memahami tentang cara membangun karakter Islam dari David Chalik, Irfan Syauqi Beik, Elang Gumilang. Menjelang berbuka puasa, peserta akan mendapatkan motivasi dari Ust. Adin Bahrudin, setelah itu mereka mengikuti rangkaian ibadah seperti sholat wajib dan tarawih berjamaah serta tadarus.

Di hari ke-2, kegiatan tidak dilakukan dengan class method melainkan dengan kegiatan lapangan seperti game building dan juga latihan performance dari masing – masing kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya. Pada sore harinya, akan digelar pertunjukan acara dengan menampilkan keterampilan dari peserta.

Dalam kesempatan ini, akan hadir juga Bupati Bogor Drs. H. Rachmat Yasin dan juga jajaran Pemda Bogor. Acara juga akan diliput oleh media partner Metro TV secara eksklusif, bersamaan dengan program dari BAZNAS – Metro TV yaitu buka bersama dengan 11.000 anak yatim dhuafa di 11 Kota di Indonesia.

Di Hari ke-3 yang merupakan hari terakhir, peserta diajak untuk mengevaluasi kegiatan dari awal sampai akhir. Selain itu, peserta juga akan diajak untuk muhasabah tentang arti hidup, bahwa hidup secara hakiki adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Dengan adanya program ini, diharapkan mental dari para peserta mengalami metamorphosis untuk jauh lebih baik lagi. Sehingga upaya untuk menjalani perjalanan hidup kedepan dilakukannya dengan semangat tinggi dengan mengindahkan aturan – aturan Islam sebagai koridor.

Selain program ini, masih terkait dengan anak – anak, BAZNAS juga memiliki kegiatan berbagi berkah cahaya Ramadhan dengan 11.000 anak yatim dan dhuafa di 11 kota di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung hari Jumat (19/08/2011) ini akan diadakan serentak di 11 kota, yaitu: Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Banjarmasin, Pekanbaru, Bali dan Manado.

Sebagai puncak kegiatan Ramadhan, hari Jumat (26/08/2011) akan diadakan program Indonesia Berzakat, yaitu program memasyarakatkan membayar zakat melalui badan amil zakat. Program ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membayar zakatnya melalui BAZNAS dan diikuti oleh para menteri serta jajarannya. *

Rep: Ibnu Syafaat
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Cerita Syeikh Nezar yang Terjebak Perang Antar Suku di Timika

Cerita Syeikh Nezar yang Terjebak Perang Antar Suku di Timika

Menikmati Kekhusyukan Tarawih 23 Rakaat di Masjid Al-Azhom Tangerang

Menikmati Kekhusyukan Tarawih 23 Rakaat di Masjid Al-Azhom Tangerang

JIC Adakan Sanlat Anak SD

JIC Adakan Sanlat Anak SD

Silaturrahmi Mushida Bersama Muslimah Palestina

Silaturrahmi Mushida Bersama Muslimah Palestina

Dubes RI di Pakistan Ajak Baca, Pahami, & Amalkan Al-Qur’an

Dubes RI di Pakistan Ajak Baca, Pahami, & Amalkan Al-Qur’an

Baca Juga

Berita Lainnya