Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Syiar Ramadhan

Selama Ramadhan, Pelajar Islam Balikpapan Akan Gelar Training Kepemimpinan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Mengisi bulan Ramadhan, Pelajar Islam Indonesia Wilayah Kalimantan Timur mengadakan acara training pelajar yang dilaksanakan di SMPN 10 Balikpapan. Acara tersebut diikuti oleh 50 peserta yang hadir dari berbagai daerah, seperti Samarinda, Penajam, Penajam Paser Utara, dan Balikpapan.

Dalam acara yang digelar sejak 11 Agustus 2010 dan berakhir hari ini itu dimaksudkan untuk membekali para pelajar di Kalimantan Timur untuk benar-benar mengerti fungsi dari seorang pelajar muslim yang sesungguhnya.

“Bulan Ramadhan ini kan bulan luar biasa. Jadi ini momentum yang tepat untuk kami mengajak teman-teman pelajar lebih memahami fungsi strategisnya sebagai seorang pelajar, yakni pemimpin masa depan,” kata Riswan Herdian Rahman, Ketua Pelaksana kegiatan kepada hidayatullah.com.

Riswan yang juga mahasiswa STPMIGAS Balikpapan itu menegaskan bahwa hal tersebut dinilai penting, khususnya dengan fenomena degradasi akhlak pelajar muslim yang sangat luar biasa.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab moral kami atas degradasi akhlak yang luar biasa terjadi pada kebanyakan pelajar Islam di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Timur.

Harapannya pelajar muslim benar-benar memahami fungsi strategisnya dan bertindak sesuai dengan ajaran Islam. Makanya kami angkat tema “Menempa Diri Pemimpin Muda Islami,” paparnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu pekan itu diisi dengan berbagai macam kegiatan.

“Training ini kami desain sedinamis mungkin. Ada kalanya ke lapangan, ke masyarakat, tapi kami juga tidak lupa mengkaji dasar-dasar Islam yang mulai asing bagi mayoritas pelajar Islam,” katanya.

Salah seorang peserta training dari SMK 4 Balikpapan, Adi Johan Kurniawan mengaku cukup antusias mengikuti rangkaian kegiatan selama seminggu itu. Bahkan dia mengaku akan berusaha untuk benar-benar menjadi pelajar muslim yang baik.

“Acara ini ya lumayan bagus. Ada senangnya, ada susahnya. Tapi yang menarik di sini kami diajarkan untuk mengerti posisi kami sebagai calon pemimpin masa depan. Mulai sekarang saya bertekad untuk bisa menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Dengan demikian insya Allah saya bisa menjadi pemimpin masa depan,” harapnya penuh semangat.

Sementara itu Yudha Prasetyo, yang bertindak sebagai pengarah kegiatan menegaskan bahwa acara serupa segera akan dilaksanakan di Tenggarong, Bontang, dan Sangatta.

“Insya Allah selama Ramadhan ini kami akan menggelar agenda serupa sampai pada detik-detik akhir Ramadhan. Setelah Balikpapan kami akan segera mengelar acara semacam ini di Bontang, Tenggarong dan Sangatta,” terangnya. [imam/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

[Berita Foto] Lebaran Gosong ala Maladewa

[Berita Foto] Lebaran Gosong ala Maladewa

Hikmah Ramadhan Bagi Seorang Putri Munawaroh

Hikmah Ramadhan Bagi Seorang Putri Munawaroh

Obama Gelar Iftar dengan Tokoh Muslim

Obama Gelar Iftar dengan Tokoh Muslim

Mengintip Pasar Subuh Busana Muslim

Mengintip Pasar Subuh Busana Muslim

Yayasan APL Santuni 1000 Anak Yatim

Yayasan APL Santuni 1000 Anak Yatim

Baca Juga

Berita Lainnya