Pandemi Covid-19

Masjid Agung Al Azhar Tiadakan Iktikaf, Gelar Pengajian Online

"Meskipun pintu-pintu masjid tertutup karena pandemi virus corona, namun syiar dan kebaikan Islam tetap terbuka secara online"

Masjid Agung Al Azhar Tiadakan Iktikaf, Gelar Pengajian Online
muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dijepret pada Ahad (15/10/2017).

Terkait

Hidayatullah.com- Kegiatan iktikaf di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Meski demikian, pihak masjid tetap menggelar kegiatan keagamaan, antara lain kajian ceramah Islam secara online, misalnya, program Oase Ramadhan.

“Oase Ramadhan, setiap malam ganjil dalam 10 malam terakhir pukul 20.00 WIB,” keterangan pihak masjid dalam akun resmi mereka pada Ahad (17/05/2020) pantauan hidayatullah.com.

Pada Ahad malam ini, sesuai jadwal yang mengisi Oase Ramadhan bertema “Menghidupkan Ibadah di 10 Malam Terakhir” adalah Ustadz M Zaitun Rasmin.

Kajian itu disiarkan live streaming melalui akun Youtube yang dikelola pihak masjid.

Selain itu, kajian online lainnya adalah Mutiara Ramadhan setiap hari pukul 17.30 WIB dan Inspirasi Ramadhan setiap Jumat, Sabtu, dan Ahad pukul 09.30 WIB.

Sebelum adanya pandemi, Masjid Al Azhar punya 15 ribu jamah yang rutin mengikuti kajian setiap hari yang digelar secara tatap muka di masjid.

Dengan adanya wabah global itu, Masjid Agung Al Azhar tetap menyiarkan Islam dan mematuhi anjuran pemerintah untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Dengan adanya PSBB kita hormati, menyediakan kebutuhan akan ilmu dan berbagi ilmu agama dengan cara baru secara daring,” ujar Ketua Panitia Ramadhan Masjid Agung Al Azhar, Muhammad Zainul Arifin di Jakarta, Ahad (17/05/2020) kutip Antaranews.com.

Kajian Islam daring ini bisa dinikmati oleh jamaah selain lewat kanal YouTube juga bisa lewat twitter dan facebook Masjid Agung Al Azhar.

Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar Haji Iding menyatakan, meskipun pintu-pintu masjid tertutup karena pandemi virus corona, namun syiar dan kebaikan Islam tetap terbuka secara online.

“Sesuai semboyan kita, bangkit dari masjid. Sekarang masjid terpuruk, kita mulai dengan cara daring,” ujarnya

Zainul mengatakan, program Oase Ramadhan digelar setiap malam ganjil dalam 10 Ramadhan terakhir pada jam 20.00 – 20.30 WIB.

Oase Ramadhan Masjid Agung Al Azhar menghadirkan sejumlah penceramah, mulai dari ustadz sampai para tokoh agama dan tokoh muda.

Sejumlah tokoh agama yang mengisi kajian online ini antara lain Prof Din Syamsuddin, politisi PKS Hidayat Nur Wahid (HNW), dan tokoh muda dokter Gamal Albisaid.

Penceramah lainnya KH Memed Saruri yang membawakan tema “Lawan Corono dengan C.O.R.O.N.A”.

Rencananya, Oase Ramadhan malam 27 akan diisi oleh HNW dan malam 29 akan diisi oleh Din Syamsuddin.

Menurut Zainul, kajian daring Oase Ramadhan bagian dari pelayanan masjid kepada jamaah di tengah pandemi Covid-19.* (SKR)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !