Jum'at, 9 Juli 2021 / 29 Zulqa'dah 1442 H

Ramadhan

Gunung Merapi Waspada, Mushida Bagikan Sembako “Semarak Ramadhan”

Ayun
Taklim dan Bakti Sosial gelaran Muslimat Hidayatullah (Mushida) Sleman, Ahad, tanggal 27 Mei 2018, di Dusun Tritis, sekitar 5km di bawah Gunung Merapi.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Di tengah situasi Gunung Merapi yang masih berstatus Waspada, tak menyurutkan semangat dan niat tulus ikhlas lillahi taala ibu-ibu Muslimat Hidayatullah (Mushida) Sleman di hari Ahad, tanggal 27 Mei 2018 mengadakan Taklim dan Bakti Sosial di Dusun Tritis.

Acara Taklim dan Bakti Sosial ini adalah salah satu agenda dari rangkaian acara Semarak Ramadhan 1439H yang diagendakan Mushida Sleman.

Rencananya acara ini dilaksanakan di Dusun Turgo, seperti tahun sebelumnya. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya kegiatan dialihkan ke Dusun Tritis, yang merupakan dusun di bawahnya Turgo. Perlu diketahui Dusun Turgo dan Tritis ini merupakan dusun terakhir sebelum menuju Merapi. Karena lokasi terletak sekitar 5km di bawah Gunung Merapi.

Acara yang bertajuk “Dengan Ramadhan Kita Tingkatkan Aqidah Islamiyah” ini menghadirkan Ustadzah Aini Sofia Kartika sebagai pembicara dalam acara Taklim.

Dalam materinya, ia mengajak menguatkan iman dan akidah warga masyarakat Turgo, Tritis, dan sekitarnya dari perbuatan-perbuatan syirik yang merupakan dosa besar.

Dengan bahasa yang halus dan menyentuh hati, juga contoh-contoh yang diambilkan dari kisah para sahabat, Aini mengajak para warga untuk mengevaluasi apakah selama ini masih ada perbuatan syirik atau tathoyur yang masih sering dilakukan. Aini kemudian menutup materi dengan memberikan materi aqidah yang sangat penting bagi penguatan iman para warga.

Setelah acara Taklim, kemudian dilanjutkan dengan acara bakti sosial berupa pembagian sembako sebanyak 191 paket kepada warga Turgo, Tritis, dan sekitarnya baik yang Muslim maupun yang non-Muslim.

Alhamdulillah, respons masyarakat sangat bagus terhadap acara ini. Seperti yang disampaikan Ibu Juminten dan Mukiyem.

“Alhamdulillah bagus sekali acaranya. Semoga ke depan silaturahim dapat tetap terjalin. Anak-anak kami juga tetap dibimbing mengajinya di TPA. Mohon doanya juga agar kami diberikan keselamatan,” katanya dengan mata berbinar-binar.

Perlu diketahui, beberapa hari ini warga Turgo dan Tritis tiap malam bada shalat tarawih mengungsi ke desa sebelah untuk kewaspadaan. Dan pagi hari kembali ke rumah masing-masing.

Selama berlangsung acara Taklim dan Pembagian Sembako ini, dalam waktu yang bersamaan juga dilaksanakan acara yang didesain untuk anak-anak TPA berupa Menghafal bersama “Qur’an Go” dan Lomba mewarnai juga menggambar.

Sekitar 35 anak mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Dari yang berusia pra sekolah hingga yang menginjak remaja berpartisipasi meramaikan acara ini.

Buka Puasa Bersama

Setelah pagi hari dilaksanakan Taklim dan Bakti Sosial, di tempat yang sama, sore harinya rombongan ibu-ibu Mushida Sleman kembali naik ke Dusun Tritis untuk membahagiakan anak-anak TPA guna mengadakan Buka Bersama TPA.

Anak-anak TPA ini telah dibina oleh Mushida Sleman sekitar 3 tahun terakhir ini.

Acara buka puasa bersama ini juga merupakan rangkaian acara Semarak Ramadhan. Acara diisi dengan Kisah Islami oleh “Kak Haris” dan Pemberian hadiah kepada Para Juara Lomba yang diadakan pagi harinya. Juga kepada seluruh anak-anak yang datang semua diberikan bingkisan.

Acara kemudian ditutup dengan Buka Bersama. Alhamdulillah semua merasa senang dengan kegiatan ini.

Dari Ketua Mushida Sleman, Ustadzah Astuti, juga menyampaikan syukurnya atas terlaksananya acara Taklim, Bakti Sosial juga Buka Bersama ini.

“Alhamdulillah, walau sempat was-was dengan kondisi Merapi yang berstatus Waspada, dengan izin Allah kita bisa melaksanakan agenda ini dengan baik.”

In Sya Allah masih ada dua agenda Semarak Ramadhan lagi yaitu Tabligh Akbar dan Bakti Sosial di Desa Keratuan tanggal 3 Juni 2018, juga Buka Bersama Annisa. Semoga Allah memberikan kelancaran.

Mushida Sleman juga mengungkapkan jazakumullah khairan katsiran atas donasi, partisipasi dari para donatur yang telah menyisihkan sebagian hartanya guna menyukseskan acara ini. Semoga hartanya barakah dan Allah membalasnya dengan pahala dan kebaikan yang berlipat-lipat. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.* Kiriman Ayun Afifah, Yogyakarta

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

“Ramadhan di Birmingham, Anak Saya Berpuasa Sendirian di Kelas”

“Ramadhan di Birmingham, Anak Saya Berpuasa Sendirian di Kelas”

Tradisi Ulama di Bulan Ramadhan: Demi Sedekah, Rela Tidak Makan

Tradisi Ulama di Bulan Ramadhan: Demi Sedekah, Rela Tidak Makan

Ramadhan untuk Indonesia

Ramadhan untuk Indonesia

Tahajud di Masjid Ini, Diazamkan 1 Juz Qur’an Setiap Malam

Tahajud di Masjid Ini, Diazamkan 1 Juz Qur’an Setiap Malam

Amalan Bulan Ramadhan

Amalan Bulan Ramadhan

Baca Juga

Berita Lainnya