Jum'at, 22 Oktober 2021 / 16 Rabiul Awwal 1443 H

Ramadhan

Muhammadiyah Imbau Para Pemudik Jaga Ibadah dan Kesehatan Sebaik-baiknya

andi/hidayatullah.com
Konferensi pers Lazismu luncurkan program Posko MudikMu Aman di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Ramadhan 1438 H, Selasa (20/06/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) meluncurkan program Posko MudikMu Aman di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/06/2017) sore.

Direktur Utama Lazismu, Andar Purbowo, memandang mudik sebagai tetirah atau laku spiritual dan sosial. Laku spiritual, jelasnya, mudik menjalin silaturahim dengan keluarga.

Dan secara sosial, pulang kampung menyambung keterputusan sosial bagi manusia urban. Program Posko MudikMu Aman memberikan layanan siaga kepada para pemudik yang sedang dalam perjalanan ke kampung halamannya.

Baca: Apakah Mudik Kita karena Allah?

Bentuk pelayanannya seperti penyediaan minuman panas, toilet gratis, tempat parkir, tempat istirahat, layanan pijat, mushalla, charge handphone gratis, Wi-Fi gratis, informasi jalur mudik, layanan kesehatan, ambulans gratis, dan informasi kehilangan.

“Jika pemudik masih dalam perjalanan dan ingin shalat Idul Fitri, Posko MudikMu Aman akan memberikan informasi tempat shalat Idul Fitri di masjid atau lapangan terdekat,” terangnya.

Andar berharap programnya ini berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Koordinator Nasional Posko MudikMu Aman, Falhan Nian Akbar, menyebutkan ada 57 titik posko yang tersebar di 25 kota dan kabupaten di Pulau Jawa. Posko ini melayani para pemudik selama 10 hari. Yakni mulai dari H-5 dan H+5.

Baca: Ini Tips Mudik Islamic Medical Service agar Ibadah Tetap Terjaga

Falhan mengungkap, di tahun 2016, kelelahan pemudik menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan. Posko ini, kata dia, “Tujuannya memfasilitasi pemudik dari kota asal ke kota tujuan dengan aman sampai tujuannya.”

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Hajriyanto Y Thohari yang turut hadir dalam jumpa pers, menjelaskan, program Posko MudikMu Aman merupakan pengejewantahan filantropi Muhammadiyah.

Dulu, tuturnya, pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, membangun PKO (Penolong Kesengsaraan Oemom) seperti klinik, yang hajatnya menolong orang sengsara tanpa membedakan suku, agama, dan bangsanya.

Baca:Polisi Minta Pemudik Waspadai Penjahat Penghipnotis

Hajriyanto mengimbau para pemudik untuk menjaga ibadahnya secara tertib dan sempurna, menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, dan memanfaatkan semaksimal mungkin posko-posko MudikMu sebagai tempat istirahat.

“Atas nama Pimpinan Muhammadiyah, kami menyampaikan undangan kepada para pemudik untuk tidak sungkan menggunakan posko-posko MudikMu,” ajaknya.* Andi

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Pemkot Jakarta Utara Gencarkan Gerakan Jumat Bersedekah

Pemkot Jakarta Utara Gencarkan Gerakan Jumat Bersedekah

Ini Obyek Penghasilan yang Wajib Dizakati

Ini Obyek Penghasilan yang Wajib Dizakati

5 Cara Agar Bisa Merasakan Kedahsyatan Daya Tarik Al-Qur`an

5 Cara Agar Bisa Merasakan Kedahsyatan Daya Tarik Al-Qur`an

Ramadhan, Non Muslim Diminta Ikut Mencoba Nikmatnya Puasa

Ramadhan, Non Muslim Diminta Ikut Mencoba Nikmatnya Puasa

Lautan Manusia di Masjid Amru Bin Ash

Lautan Manusia di Masjid Amru Bin Ash

Baca Juga

Berita Lainnya