Tahun Ajaran Baru, PT ini Luncurkan Program Pendidikan Ulama Zu’ama

Menurut Abdurrohim, kehadiran pendidikan ulama pemimpin diharapkan menjadi jawaban atas kerinduan masyarakat dipimpin oleh orang-orang yang memang layak menjadi pemimpin.

Tahun Ajaran Baru, PT ini Luncurkan Program Pendidikan Ulama Zu’ama
Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com
Penugasan alumni STISHID Balikpapan

Terkait

Hidayatullah.com– Mengambil spirit berkah Ramadhan, perguruan tinggi Islam ini meluncurkan program unggulannya yang dinamai Pendidikan Ulama Zu’ama (PUZ) tahun ajaran baru nanti.

Sesuai namanya, program PUZ ini diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim yang ingin menguasai ulumuddin (ilmu agama) lebih dalam serta punya jiwa pemimpin.

Sedianya, program unggulan tersebut menempati lokasi perkuliahan di Pesantren Tahfizh al-Qur’an Ahlus Shuffah, Gunung Binjai, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca: Pendidikan Ulama Muhammadiyah [1]

Diketahui, Ahlus Shuffah memiliki area pesantren seluas 61 hektar di ujung timur kota itu.

Untuk mencapainya, butuh kesabaran menempuh medan jalan berbatu dan cukup terjal sekitar enam kilometer dari perumahan penduduk di sana.

Selebihnya, lokasi yang masih terpencil itu dikelilingi ratusan hektar kebun sawit milik masyarakat sekitar.

“Lokasi itu sengaja dipilih agar mahasiswa terkondisikan dalam pengkaderan dan perkuliahan nantinya,” urai Abdurrohim, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah di Balikpapan, Kalimantan Timur, baru-baru ini.

Baca: Lembaga Pendidikan Islam harus Hidupkan Tradisi Keilmuan Para Ulama

Menurut Abdurrohim, kehadiran pendidikan ulama pemimpin diharapkan menjadi jawaban atas kerinduan masyarakat dipimpin oleh orang-orang yang memang layak menjadi pemimpin.

“Ulama itu harus jadi panutan sekaligus penggerak di masyarakat. Sedang jadi pemimpin itu hendaknya yang paham agama,” ungkap doktor pemikiran pendidikan tersebut.

Sejalan dengan visi PUZ, raw input mahasiswa sekurangnya menghafal minimal 5 juz al-Qur’an, menghafal hadits Arbain, dan menguasai bahasa Arab sebagai keterampilan untuk menelaah sejumlah literatur dan referensi lainnya.

Lebih jauh, hadirnya program unggulan PUZ STIS adalah rangkaian upaya sungguh-sungguh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah untuk melahirkan kader dakwah yang berkarakter ulama dan berjiwa pemimpin.

Baca: MUI Jajaki Kerjasama Pendidikan Kader Ulama dengan Qatar

“Ini adalah amanat Munas 2015 lalu yang terus digodok oleh DPP hingga penunjukan STIS sebagai penyelenggara PUZ sekarang,” jelas Tasyrif Amin, Ketua Bidang Tarbiyah DPP ormas itu.

“Ini sesuai dengan visi PUZ menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan kader ulama zu’ama” terang Abdurrohim.

Terakhir, untuk informasi pendaftaran lebih lanjut, bisa hubungi nomor panitia pendaftaran mahasiswa baru, 081381017916.*

Rep: Masykur Abu Jaulah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !