Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Ramadhan di Mancanegara

Bukan nge-Game, Anak Mesir Kerja Bakti Bungkus Kurma

Bagikan:

KEDATANGAN bulan suci Ramadhan tentu sangat dinantikan oleh segenap kaum Muslimin di seluruh dunia. Bulan yang penuh berkah ini, mampu membangkitkan semangat kaum Muslimin untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Ada hal menarik dari kebiasaan anak-anak Mesir menjelang datangnya bulan penuh ampunan ini. Mereka berbondong-bondong kerja bakti membungkusi kurma dan snack untuk ifthar (buka puasa).

Kurma dan makanan ringan yang diberikan mutabarri’uun (orang yang berbuat baik) mereka bungkus kedalam pelastik kecil.

“Kurma-kurma dan makanan ringan ini sumbangan dari mutabarri’un untuk buka puasa nanti bulan Ramadhan,” papar Abdurrahman selaku panitia ifthar Ramadhan kepada hidayatullah.com, Senin (27/06/2014).

Mereka lakukan pembagian seperti itu untuk memudahkan pembagian kepada para sha’imuun (orang yang puasa). Karena banyaknya kurma dan makanan ringan, maka panitia ifthar pun mengerahkan anak-anak dan remaja untuk turut berpartisipasi dalam pembagian dan pembungkusannya.

Ramadhan_Mesir_bagi kurma2

“Untuk teknis pembagian dan pembungkusan kurma-kurma sebanyak itu, kami mengerahkan anak-anak dan remaja sekitar untuk turut berpartisipasi,” ujar Abdurrahman di sela-sela kerja bakti pembungkusan kurma kepada hidayatullah.com yang turut berpartisipasi di dalamnya.

Sekitar 40 anak-anak dan remaja dengan penuh semangat dan keceriaan, asyik bekerja membungkusi kurma dan makanan ringan. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, seolah kerja bakti pembungkusan kurma dan makanan ringan untuk ifthar ini sebuah perlombaan.

“Saya sangat senang bisa ikut bantu-bantu bungkusin kurma untuk ifthar, soalnya ramai banyak teman,” papar Saifullah yang masih duduk di kelas 5 sekolah dasar.

”Saya senang banget ikut kerja bakti ini karena ini lillaahi ta’ala dan banyak teman-teman,” ujarnya kepada hidayatullah.com.

Kurma-kurma dan makanan ringan yang sudah dibungkusin tersebut akan dibagikan setiap hari ketika buka puasa, baik di masjid maupun di jalan-jalan.

”Nanti bungkusan-bungkusan ini kami bagikan di masjid dan di jalan-jalan, “papar Abdurrahman selaku panitia ifthar Ramadhan tahun ini.

Petugas yang membagikan bungkusan ifthar ini adalah anak-anak dan remaja di sekitar masjid. Menjelang buka, mereka sudah stand by di pinggir jalan dan sebagiannya di masjid. Ketika waktu buka tiba petugas yang di jalan membagikan bungkusan ifthar kepada pengendara mobil dan siapa saja yang di jalanan.

“Nanti kalau pas buka puasa, kami bagiin makanan di jalanan kepada para pengendara mobil dan motor serta orang-orang yang ada disekitar jalanan,” ujar Ubaidah (12) kepada hidayatullah.com.*/Jundi Iskandar (Mesir)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Gunakan Trik Khusus untuk dapat Maidaturrahman di Mesir

Gunakan Trik Khusus untuk dapat Maidaturrahman di Mesir

Warga Gaza Berjuang untuk Bertahan Hidup di Ramadhan ini

Warga Gaza Berjuang untuk Bertahan Hidup di Ramadhan ini

Kursi Kosong di Meja Iftar: Duka Warga Gaza di Bulan Ramadhan [1]

Kursi Kosong di Meja Iftar: Duka Warga Gaza di Bulan Ramadhan [1]

Pemuda Mesir kaji Potret Kehidupan Para Sahabat Rasulullah

Pemuda Mesir kaji Potret Kehidupan Para Sahabat Rasulullah

Akhlak Ramadhan di Oklahoma, Jadi Daya Tarik Non Muslim

Akhlak Ramadhan di Oklahoma, Jadi Daya Tarik Non Muslim

Baca Juga

Berita Lainnya