Inilah Rahasia Mengapa Nabi Merekomendasi Buah Kurma

Adakah buah apa yang direkomendasikan dan langsung mendapat bimbingan dari Allah Subhanahu Wata’ala dan oleh Rasululullah secara langsung sebagaimana buah ini?

Inilah Rahasia Mengapa Nabi Merekomendasi Buah Kurma
ilustrasi

Terkait

SALAH satu makanan yang khas dan paling dicari kaum Muslim di seluruh dunia di bulan Ramadhan adalah buah kurma atau memiliki nama latin dactylifera phoenix.

Ada banyak alasan mengapa kurma menjadi istimewa?

  1. Kurma Makanan Terbaik untuk Puasa

Kurma mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Ia termasuk buah  sangat kaya serat, lemak dan protein. Mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, besi, belerang, fosfor dan klorin, serta vitamin A, beta-karoten, B1, B2, B3, dan B6. Beberapa manfaat dari vitamin dan mineral dalam buah ini baik untuk tubuh manusia normal, terutama wanita yang hamil.

Bahkan ia adalah satu-satunya makanan terbaik untuk puasa yang direkomendasi langsung oleh Nabi. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ

“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan.” (HR Abu Daud).

  1. Kurma Menyehatkan Tubuh

Banyak manfaat kesehatan dalam buah kurma. Penelitian menunjukkan kurma sebagai cara yang diakui untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker abdomen.

American Cancer Society pernah merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma. Menurut rekomendasi ini, dengan mengkonsumsi 1 buah kurma per hari dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata seumur hidup karena kurma dikenal efektif melindungi mata dari rabun senja.

Beberapa peneliti mengatakan kurma adalah makanan utama untuk pengobatan obesitas.

Para peneliti menegaskan bahwa kurma adalah makanan yang sempurna untuk pengobatan lebih dari seratus penyakit. Termasuk mengobati gangguan usus mampu memberikan pengaruh terhadap fungsi otak, menyebabkan stabilitas psikologis pada manusia.

Bahkan jauh sebelum peneliti berlomba-lomba mencari rahasianya, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassallam mengatakan;

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ

“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya“. (HR: Muslim).

  1. Kurma Membantu Hindari Sihir dan Gangguan Jin 

Rasulullah bersabda;

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” [HR: Bukhari – Muslim]

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah : “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri” [Dalam Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari, Ibnu Hajar Al-Asqalany (X/239), cet. Daar Abi Hayyan 1416H]

 

10 Rahasia Keajaiban Buah Kurma Yang Dianjurkan Nabi [1]

 

      4. Kurma Mengandung Keberkahan dan Direkomendasi Allah

Rasulullah mengatakan, kurma adalah buah yang mengandung keberkahan dan keajaiban di dalamnya.

Kata Nabi:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْراً فَالْمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ

“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan dan jika tidak mendapatkan kurma maka dengan air putih karena ia adalah simbol kebersihan.” (HR: Abu Daud).

Jutaan buaha dihadirkan Allah Subhanahu Wata’ala di bumi, namun hanya sedikit yang disebut langsung oleh Allah dan direkomendasikan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, kecuali kurma.

Rasulullah mengatakan, selain mengandung berbagai nutrisi yang dapat menyehatkan pemakannya, kurma juga membuat orang selalu merasa kenyang dan hilang rasa lapar.  Artinya, dengan mengkonsumsi beberapa buah kurma tiap hari dapat mengurangi konsumsi makanan lainnya.

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ

“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya.” (HR: Muslim).

Allah berfirman langsung bahwa telah memberi ‘kelebihan’ pada pohon kurma;

وَفِي اْلأَرْضِ قِطَعٌ مُتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاءٍ وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي اْلأُكُلِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (QS:  Ar-Ra’du: 4)

10 Rahasia Keajaiban Buah Kurma Yang Dianjurkan Nabi [2]

Dalam surat lain Allah berfirman;

وَجَعَلْنَا فِيهَا جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ وَفَجَّرْنَا فِيهَا مِنَ الْعُيُونِ (٣٤)لِيَأْكُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ وَمَا عَمِلَتْهُ أَيْدِيهِمْ أَفَلا يَشْكُرُونَ (٣٥)

“Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat Makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka Mengapakah mereka tidak bersyukur?” (QS: Yasin:34-35)

Adakah buah apa yang direkomendasikan dan langsung mendapat bimbingan dari Allah Subhanahu Wata’ala dan oleh Rasululullah secara langsung seperti ini?*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !