10 Rahasia Keajaiban Buah Kurma Yang Dianjurkan Nabi [2]

“Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a dan keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah

10 Rahasia Keajaiban Buah Kurma Yang Dianjurkan Nabi [2]
Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a dan keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah

Terkait

Sambungan artikel PERTAMA

5. Mengandung Multivitamin Lengkap

Kandungan yang juga amat penting yang terdapat pada kurma adalah Kandungan pro Vitamin A (beta karoten) yang mencapai 89 mikro gram per 200 gram buah segar. Vitamin A juga berkhasiat untuk kesehatan mata, sehingga tak heran jika kebanyakan orang gurun rajin mengkomsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan. Selain itu kurma juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K yang berfungsi sebagai anti oksidan.

6. Sumber Unsur Mineral

Buah kurma terbukti mengandung banyak unsur mineral yang baik untuk tubuh, seperti fosfor, kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfur dan klorin. Sebagaimana fosfor dan kalsium berfungsi untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi, fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak. Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah sehingga mampu mencegah anemia.

7. Kaya Serat

Serat yang terkandung dalam kurma ternyata mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat dalam kurma juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar, dikarenakan serat berfungsi membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengingat bahan kimia.

8. Sangat Baik Untuk Ibu Hamil dan Melahirkan

Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, ath-Thib an-Nabawy wal ‘Ilmil Hadis (Pengobatakan Ala Nabi dan Ilmu Modern) mengatakan bahwa perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula. Hal ini dikarenakan banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi jika hal itu membutuhkan waktu yang lama.

Sehingga kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya, yaitu kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam kurma basah (ruthab). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh.

9. Memperlancar ASI dan Mengobati Kemandulan

Beberapa hormon yang terkandung dalam kurma juga berfungsi untuk menghambat aktivitas hormon kelenjar gondok atau glandula thyreoidea. Dan juga hormon pembangkit kelenjar susu, sehingga dapat memperlancar ASI. Serta sebut sari kurma juga dipercaya dapat mengobati kemandulan.

10. Sebagai Penangkal Sihir

Disebutkan dalam Shahih Bukhari Muslim, hadits yang diriwayatkan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash, Nabi Shalallahu ‘alahi wa sallam bersabda; “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

Berkaitan dengan keistimewaan kurma Ajwah, Ibnu Hajar Al-Asqalani menukil perkataan Imam Al-Khathabi juga mengungkapkan: “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a dan keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah, bukan karena dzat itu sendiri.”

Jadi begitulah keistimewaan buah kurma dengan berbagai macam khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Wallahu ‘alam bis Shawab*/ Yahya Ghulam

Rep: Admin Hidcom

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !