Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

None

Kemenkes: Selama Pandemi Risiko Obesitas dan Diabetes Meningkat

obesitas
Bagikan:

Hidayatullah.com — Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Elvieda Sariwati, M.Epid, menyampaikan perubahan gaya hidup selama pandemi seperti konsumsi gula berlebih dan berkurangnya aktivitas fisik berpotensi meningkatkan risiko obesitas.

Dijelaskan Elvieda obesitas memiliki risiko prediabetes dan diabetes, dimana hampir 90 persen orang dengan diabetes tipe 2 ternyata mengalami masalah kelebihan berat badan.

Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, bahwa prevalensi diabetes di tingkat nasional menunjukkan dari 6,9 persen pada 2013, menjadi 8,5 persen pada 2018.

“Seperti yang kita ketahui, diabetes dapat menjadi jalan pintas penyakit-penyakit tidak menular lainnya seperti gangguan penglihatan, penyakit jantung, gagal ginjal, dan gangguan syaraf,” kata dr. Elvieda dalam webinar Festival Komunitas ‘Beat Obesity’ 2021 bersama Nutrifood dan Kemenkes pada Kamis (04/11/2021).

Dari 10-15 tahun sejak awal terdiagnosa, prevalensi semua komplikasi ini akan meningkat tajam. Tak hanya itu, kata dia diabetes juga menjadi salah satu faktor komorbid yang berkaitan dengan peningkatkan tingkat keparahan Covid-19.

Pencegahan sedini mungkin, kata Elvieda merupakan solusi terbaik agar terhindar dari dampak fatal diabetes. Terapkan perilaku hidup sehat dengan menjalani GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan CERDIK.

Kuatkan komitmen untuk menjaga pola makan yang bergizi dan perhatikan asupan gula sehari-hari, rutin beraktivitas fisik, dan jangan ragu untuk segera periksakan diri ketika muncul gejala awal.

“Menjaga pola makan sehat dan perhatikan asupan gula sehari-hari, rutin beraktivitas fisik, lakukan deteksi dini atau skrining berkala dan jangan ragu untuk segera periksakan diri ketika muncul gejala awal,” pungkasnya.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Sabda Raja, Eksistensi Panatagama dan Nasib Gelar Khalifatullah [2]

Sabda Raja, Eksistensi Panatagama dan Nasib Gelar Khalifatullah [2]

Netty Aher Komentari Pelarangan Mudik dan Pembukaan tempat Wisata

Laju Vaksinasi Menurun, DPR Ingatkan Ancaman Gelombang Ketiga Akhir Tahun

‘Israel’ Minta Kontraktor Rahasiakan Proyek Jembatan yang Hubungkan Tembok Ratapan dan Masjid Al-Aqsha

‘Israel’ Minta Kontraktor Rahasiakan Proyek Jembatan yang Hubungkan Tembok Ratapan dan Masjid Al-Aqsha

Hamas akan Memilih Kepala Cabang Baru Gaza Minggu Ini

Hamas Tolak Permintaan AS untuk Bergabung dengan Pembicaraan ‘Abraham Accords’

In Search of New Food

In Search of New Food

Baca Juga

Berita Lainnya