Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

None

Pakar Pidana Setujui Putusan MA yang Mengoreksi Remisi Napi

Bagikan:

Hidayatullah.com — Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad menanggapi Putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan hak uji materiil terhadap PP No 9 Tahun 2012. Peraturan tersebut mengatur tentang remisi bagi narapidana atau napi korupsi, narkotika, terorisme dan lain-lain.

Suparji mengatakan, putusan MA tersebut sudah tepat karena sejalan dengan fillsofis pemasyarakatan. “Bahwa putusan MA yang mengoreksi PP 99 itu adalah ikhwal yang tepat dan sudah sesuai dengan filosofi dasar pemasyarakatan. Di mana filosofi pemasyarakatan sudah jauh meninggalkan filosofis retributif (pembalasan), detterence (penjeraan) dan resosialisasi,” tuturnya dalam keterangan pers, Jumat (05/11/2021).

Dengan koreksi tersebut, maka praktek diskriminasi dalam perlakuan dan pemenuhan hak napi di lapas dapat diakhiri. Diskriminasi adalah perlakuan yang tidak patut kepada siapapun juga, termasuk terhadap pada napi di lapas.

“Sejatinya hak untuk mendapatkan remisi harus diberikan tanpa terkecuali yang artinya berlaku sama bagi semua warga binaan untuk mendapatkan haknya secara sama, kecuali dicabut berdasarkan putusan pengadilan,” ujarnya.

Nantinya, Suparji menilai bahwa putusan MA tersebut akan sangat berguna untuk mengurangi situasi lapas yang penuh sesak karena tidak berimbangnya daya tampung dengan jumlah napi yang ada di dalam.

“Problem-problem klasik di lapas akan bisa ditekan oleh Ditjen Pas ketika putusan MA tersebut dapat segera ditindaklanjuti. Over kapasitas bisa diatasi dengan implementasi putusan itu,” paparnya.

Karena itu, ia berharap Kemenkumham dalam hal ini Ditjen Pas harus segera menindaklanjuti putusan MA tentang PP terkait remisi napi tersebut dengan menerbitkan aturan turunan yang bersifat teknis. Dengan demikian, para kepala lapas segera dapat menerapkan aturan yang sehat dan adil terhadap para napi yang sedang dibinanya.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Radikal Istilah yang Bermetamorfosis, Tidak Sekadar Kepompong Menjadi Kupu-kupu

Radikal Istilah yang Bermetamorfosis, Tidak Sekadar Kepompong Menjadi Kupu-kupu

Presiden Erdogan Mengecam Keras UU Rasis  ‘Israel’ yang Kontroversial

Presiden Erdogan Mengecam Keras UU Rasis ‘Israel’ yang Kontroversial

Perlindungan Anak Menjadi Mata Kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Perlindungan Anak Menjadi Mata Kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Kemenag Minta Tarik Buku Yang Lecehkan Sahabat Nabi

Kemenag Minta Tarik Buku Yang Lecehkan Sahabat Nabi

Sidang 20 Wartawan di Mesir akan Dimulai

Sidang 20 Wartawan di Mesir akan Dimulai

Baca Juga

Berita Lainnya