Aparat Iraq Menangkap ‘Mufti ISIS’ Shifa al-Nima

Al-Nima dianggap sebagai salah satu tangkapan terbesar di antara kepemimpinan Daesh/IS dalam beberapa bulan terakhir, karena posisinya sebagai otoritas keagamaan tertinggi

Aparat Iraq Menangkap ‘Mufti ISIS’ Shifa al-Nima
Shifa al-Nima atau Abu Abdul Bari

Terkait

Hidayatullah.com- Tim SWAT Iraq minggu ini menangkap seorang pria berpengaruh, yang diklaim sebagai ‘mufti ISIS’, diangkut menggunakan pick-up dari Mosul, akibat memiliki berat badan super.

Penangkapan pria yang dikenal sebagai Shifa al-Nima atau Abu Abdul Bari diumumkan oleh jaringan media keamanan pemerintah Iraq dalam sebuah pernyataan hari Kamis.

Bari, seorang pengkhotbah yang dikenal karena “pidato provokatif terhadap pasukan keamanan” dianggap sebagai salah satu pemimpin utama “Daesh/IS,” kata pernyataan itu.

Ia dianggap anggota IS  karena mengeluarkan keputusan agama, atau fatwa, memerintahkan eksekusi kepada ulama yang menolak untuk bersumpah setia kepada kelompok itu ketika menduduki Mosul, kata pernyataan itu. Dia juga memerintahkan penghancuran sebuah masjid bersejarah pada Juli 2014 yang dibangun di lokasi yang diyakini sebagai tempat pemakaman Nabi Yunus Alaihissalam, yang pernah mengalami perjumpaan dengan ikan paus.

Shifa al-Nima juga dijuluki ‘Jabba the Hutt’, sebuah karakter tokoh fiksi dalam film Star Wars ini memiliki berat badan sekitar 135 kilogram.

Karena itu, tim SWAT, elit Iraq dari resimen Nineveh di Kota Mosul harus membawanya dengan truk pick-up.

Al-Nima dianggap sebagai salah satu tangkapan terbesar di antara kepemimpinan Daesh/IS dalam beberapa bulan terakhir, karena posisinya sebagai otoritas keagamaan tertinggi.

Seorang tentara Inggris yang berperang melawan ISIS di Suriah, Macer Gifford melalui Twitter, mengatakan: “Saya senang ‘Jabba the Hut ISIS’ telah ditangkap. Dia bertanggung jawab atas penahanan pria, wanita dan anak-anak. Dia juga memperkosa dan membunuh.”

Wladimir Van Wilgenburg, seorang analis politik yang mengkhususkan pada isu tentang Iraq, Iran, Suriah, dan Turki dengan fokus khusus pada Kurdi, menulis di akun twitter: “Setelah mendapatkan informasi yang akurat, dan melakukan penyelidikan terus menerus, tim SWAT dari Komando Kepolisian Nineveh mampu menangkap seorang pejabat syariah dan mufti Daeah (ISIS) yang dikenal sebagai Shifa Al-Nima, dijuluki Abu Abd Al-Bari yang merupakan bekerja sebagai seorang imam,” tulisnya.*

Rep: Ahmad

Editor: Insan Kamil

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !