Evangelis AS Berpengaruh Billy Graham Meninggal Dunia

Ia membangun evangelikalisme menjadi kekuatan menyaingi Protestanisme dan Katolik Roma yang liberal, hingga dijuluki “pastor Amerika”

Evangelis AS Berpengaruh Billy Graham Meninggal Dunia
Evangelist Billy Graham

Terkait

Hidayatullah.com—Pendeta William Franklin Graham – akrab dikenal dengan Billy Graham, mangkat dalam usia 99 tahun di kediamannya di North Carolina, Rabu (21/02/2018) pagi waktu setempat.

Kabar duka tersebut disampaikan Juru Bicara Billy Graham Evangelistic Association Jeremy Blume.

Graham, yang telah lama menderita kanker, pneumonia dan penyakit lainnya, meninggal di rumahnya di North Carolina. Demikian disampaikan juru bicaranya, Mark DeMoss, mengatakan kepada The Associated Press.

Baca: Pendeta Billy Graham, Masuk Tokoh Berpengaruh di AS

Mendiang Graham memiliki riwayat menderita sejumlah penyakit, termasuk kanker prostat, hidrosefalus (penumpukan cairan dalam otak), serta gejala penyakit Parkinson.

Graham dikenal sebagai penginjil Kristen paling didengar dalam sejarah. Bahkan 12 presiden Amerika Serikat, mulai dari Jenderal Dwight Elsenhower hingga George W. Bush mengangkat dirinya sebagai penasihat.

Graham membangun evangelikalisme menjadi kekuatan yang menyaingi Protestanisme dan Katolik Roma yang liberal di AS, hingga dijuluki “pastor Amerika”.

“Orang besar yang kita punya, Billy Graham sudah wafat, tak ada yang bisa menyamai sosoknya. Umat Kristen dan banyak orang di dunia pasti akan merindukan dia,” kata Presiden AS, Donald Trump melalui Twitter.

Baca: Pendeta Billy Graham Bertarung Lawan Pneumonia

Di serial televisi Netflix, The Crown, baru-baru ini, Billy Graham juga disebut sebagai penasihat spiritual Ratu Inggris Elizabeth II semasa muda.

Pada tahun 1983, Presiden Reagan memberi Graham penghargaan “Presidential Medal of Freedom”, yang merupakan simbol kehormatan sipil tertinggi di Amerika. Ketika Museum dan Perpustakaan Billy Graham diresmikan pada tahun 2007 di Charlotte, mantan Presiden George H.W. Bush, Jimmy Carter dan Bill Clinton hadir.

Graham sangat piawi memanfaatkan media. Semua pesan-pesan pidato dan keagamaannya dibungkus lewat berbagai medium komunikasi,  dari surat kabar, jaringan radio, televisi hingga film penginjilan. Pidatonya yang tak rumit,  diminati jutaan umat kristiani di seluruh dunia.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !