Mendikbud Inginkan “Boarding School” di Perbatasan

Mendikbud Inginkan “Boarding School” di Perbatasan
Santri Hidayatullah di Dusun Cot Kande, Desa Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam

Terkait

Hidayatullah.com–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menggagas perlunya membangun  boarding school di daerah perbatasan agar kualitas pendidikan di daerah itu tidak kalah dengan negara tetangganya.

“Selama ini pemerintah daerah di kawasan perbatasan belum menggarap masalah pendidikan ini dengan maksimal, sehingga perlu diambil alih pemerintah pusat, termasuk para pengajarnya. Untuk iu perlu dibangun semacam boarding school di daerah perbatasan tersebut,” katanya dikutip Antaranews, Ahad (07/08/2016) di sela kunjungannya di Universitas Negeri Malang, Ahad.

Masalah pendidikan di daerah perbatasan menjadi bahasan pokok dalam diskusi antara Muhadjir dengan jajaran Rektorat Universitas Negeri Malang yang diwakili Wakil Rektor I Haryono.

Pada awalnya diskusi itu membahas mengenai Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan Terluar Dan Tertinggal (SM3T), Mendikbud minta Universitas Negeri Malang yang melibatkan Universitas Muhammadiyah Malang untuk membuat platform pendidikan ideal di Indonesia.

Haryono berjanji menindaklanjuti berbagai topik diskusi dan permintaan Mendikbud. “Untuk merealisasikan itu semua diperlukan konsep holistik. Namun, yang pasti UM akan membantu, termasuk gagasan full day school Senin hingga Jumat dan Sabtu libur,” katanya.*

Rep: Ahmad

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !