Kamis, 28 Oktober 2021 / 21 Rabiul Awwal 1443 H

None

Wapres Jusuf Kalla akan Perbaiki 250 Ribu Sound System Masjid di Indonesia

roL
Bagikan:

Hidayatullah.com–Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) rupanya sedang mempersiapkan program besar, memperbaiki sound system 250 ribu masjid di Indonesia.

Jusuk Kalla yang dikenal Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI),  menuturkan, dirinya masih banyak menemui masjid-masjid besar di Indonesia yang kualitas sound system -nya kurang bagus.

“Akibatnya, suara khatib menggaung, tidak bisa didengar jelas oleh jamaah. Ini harus menjadi perhatian,” ujarnya saat meresmikan Masjid Baitul Makmur di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Ahad (31/05/2015) dikutip JPNN.

JK mengatakan, konstruksi dan arsitektur masjid-masjid yang banyak menggunakan marmer dan kaca membuat suara speaker atau pengeras suara menggaung.

Karena itu, perlu teknis khusus dalam pemilihan sound system maupun pengaturan tata letak speaker. “Kami di DMI punya program dan tim khusus untuk memperbaiki itu,” katanya.

Bahkan, untuk program tersebut DMI juga menganggarkan dana untuk membeli peralatan sound system dari luar negeri dan dibagikan ke masjid-masjid.

“Sebab, di masjid itu 80 persen mendengarkan (khotbah), 10 persen shalat, dan 10 persen lagi (baca) doa. Jadi, kalau sound system jelek, 80 persen itu hilang,” jelasnya.

JK berharap, program perbaikan sound system juga menjadi perhatian pengurus masjid, sehingga tidak hanya fisik bangunannya saja yang dibangun megah. Sebab, ada sekitar 250 ribu masjid dan 550 ribu musala di Indonesia sehingga tidak bisa jika hanya mengandalkan DMI.

“Soal jumlah masjid dan musala yang sebenarnya, hanya Tuhan yang tahu. Sebab, di Indonesia ini tiap hari ada yang bangun masjid,” ujarnya lantas tersenyum lebar.

Selain itu, JK juga meminta kepada pengurus masjid agar tidak memfungsikan masjid hanya sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai sarana pemberdayaan masyarakat sekitarnya melalui pendidikan maupun aktivitas ekonomi.

“Jangan sampai yang bagus dan megah hanya masjidnya, tapi rumah-rumah di sekitarnya jelek dan kumuh karena masyarakatnya tidak maju,” urainya.*

 

Rep: Anton R
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Sejarawan: Pendiri ‘Israel’ adalah Para Pencuri

Sejarawan: Pendiri ‘Israel’ adalah Para Pencuri

HNW: Kebijakan Pemerintah Soal Miras Sangat Tidak Jelas

HNW: Kebijakan Pemerintah Soal Miras Sangat Tidak Jelas

Satu Tahun FSLDK Indonesia Menyerukan Kebangkitan

Satu Tahun FSLDK Indonesia Menyerukan Kebangkitan

MUI Jabar Desak MUI Pusat Tak Ragu Kelurkan Fatwa Kesesatan Syiah

MUI Jabar Desak MUI Pusat Tak Ragu Kelurkan Fatwa Kesesatan Syiah

Permohonan praperadilan Habib Rizieq

Hari Ini, Habib Rizieq Siap Berikan 38 Bukti Tertulis di Sidang Praperadilan

Baca Juga

Berita Lainnya