Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

None

Pelantikan Jokowi Dimeriahkan Pesta Aneh-Aneh

Merdeka
Warga dipimpin oleh sesepuh adat membacakan doa untuk pemerintahan Jokowi dalam acara Pesta Rakyat Yogya di depan Istana Presiden Yogyakarta, Senin (20/10)
Bagikan:

Hidayatullah.com– Senin (20/10/2014) malam Presiden Republik Indonesia yang baru, Joko Widodo (Jokowi) disambut meriah penonton pada acara Konser 3 Jari di Monumen Nasional.

Sementara itu di Yogyakarta, pelantikan Jokowi disambut Kirab budaya. dimulai dari halaman DPRD DIY di Jalan Malioboro Yogyakarta hingga kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Acara kirab dimulai sekitar pukul 15.00 WIB dan diikuti berbagai komunitas pendukung Jokowi di Yogyakarta. Beberapa komunitas peserta kirab di antaranya Bregada Prajurit Jagalan Ledoksari, Barongsai, seni jatilan dari Bantul dan Ikatan Waria Yogyakarta (Iwayo). Massa membawa nasi tumpeng lengkap untuk disantap bersama-sama.

“Kirab budaya ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Yogyakarta setelah Pak Jokowi dan JK dilantik sebagai presiden dan wakil presiden,” ungkap koordinator acara Gunawan Handoyo kepada wartawan di halaman DPRD DIY.

“Ini pesta rakyat Yogya. Karena di Yogya ada Istana Negara Gedung Agung yang juga sebagai simbol rumah Pak Jokowi. Di depan Gedung Agung kita akan berhenti sebentar untuk memberikan penghormatan secara simbolis,” kata Gunawan dikutip detik.

Jokowi_7TumpengJember_kompas

Forum Komunikasi Relawan Jokowi- JK di Jember, Jawa Timur, merayakan pelantikan presiden dan wakil presiden dengan memotong tujuh tumpeng, Senin (20/10/2014) (Kompas)

Di Jember, Tim relawan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK) yang tergabung dalam forum komunikasi relawan Jokowi – JK Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar doa bersama, dengan memotong tujuh tumpeng, di masjid kiai KH Muchit Muzadi, Senin (20/10/2014).

Tujuh tumpeng dinilai simbol dilantikanya Jokowi sebagai presiden ke-7 Republik Indonesia.

“Tumpengnya memang ada tujuh sebagai simbol presiden ketujuh, dan semoga selalu mendapatkan pitulungan (pertolongan) dari Allah,” kata M Nur Hasan, salah satu relawan dikutip Kompas.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Politisi Independen Sarawak: Daftar Pendukung Anwar Ibrahim Jadi PM Adalah Hoaks

Politisi Independen Sarawak: Daftar Pendukung Anwar Ibrahim Jadi PM Adalah Hoaks

HAU: Pelaku Teror Sarinah Tak Bisa Digeneralisir Kelompok ISIS

HAU: Pelaku Teror Sarinah Tak Bisa Digeneralisir Kelompok ISIS

PBNU: Berpotensi Memecah Belah Keutuhan Bangsa,  Legislasi RUU HIP Harus Dihentikan

PBNU: Berpotensi Memecah Belah Keutuhan Bangsa, Legislasi RUU HIP Harus Dihentikan

Bahrain akan Memberi Label Produk dari Tepi Barat Palestina sebagai Produk ‘Israel’

Bahrain akan Memberi Label Produk dari Tepi Barat Palestina sebagai Produk ‘Israel’

MPU Aceh: Kasus Aceh Singkil Karena Kelalaian Pemerintah

MPU Aceh: Kasus Aceh Singkil Karena Kelalaian Pemerintah

Baca Juga

Berita Lainnya