Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Lensa

[Foto-foto] Gempa Mamuju, SAR Gabungan Berjibaku

SAR Hidayatullah
Tim SAR gabungan dalam upaya untuk melakukan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan rumah di Jl WR Monginsidi, Mamuju, Sulbar, Jumat (15/01/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Gempa bumi berkekuatan M 6,2 yang melanda Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Jumat (15/01/2021) menelan banyak korban dan mengakibatkan banyak kerusakan. Banyak gedung-gedung bertingkat yang roboh.

Tim SAR gabungan hingga saat ini terus melakukan upaya SAR termasuk mengevakuasi para korban yang diduga masih hidup maupun yang belum diketahui kondisinya.

Baca: Tim SAR Hidayatullah dan BMH di Lokasi Gempa Sulbar Bantu Evakuasi Korban

“SAR Nas Hidayatullah Sulawesi Barat bergabung dengan Basarnas Pos Mamuju mengevakuasi korban yang tetimpa runtuhan rumahnya di Jl WR Monginsidi, Mamuju sejak dini hari pasca gempa berkekuatan M 6,2,” ujar M. Bashori selaku koordinator lapangan SAR Hidayatullah yang bekerja sama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) kepada hidayatullah.com, Jumat (15/01/2021).

Personel Tim SAR Hidayatullah, Bashori (seragam oranye) membantu warga mengevakuasi korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (15/01/2021) pagi. [Foto: SAR Hidayatullah/hidayatullah.com]

Tim SAR gabungan dalam upaya untuk melakukan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan rumah di Jl WR Monginsidi, Mamuju, Sulbar, Jumat (15/01/2021). [Foto: SAR Hidayatullah/hidayatullah.com]

Diketahui katanya di rumah berlantai 3 itu masih ada 5 anggota keluarga lainnya yang masih terjebak di dalamnya. “Yang lima lainnya kami tidak mendengar jawaban atau tanda tanda apapun,” ujar Bashori.

Baca: Gempa Majene M 6,2, Banyak Bangunan Roboh di Mamuju

Data per Jumat (15/01/2021), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Sebuah klinik kesehatan hancur di Mamuju, Sulbar, akibat gempa, Jumat (15/01/2021). [Foto: Ramdhan/hidayatullah.com]

Gedung Rumah Sakit Mitra Manakarra, Kabupaten Mamuju, ambruk kena gempa, Jumat (15/01/2021). [Foto: Istimewa/hidayatullah.com]

Sementara itu, BPBD Majene menginformasikan longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju (akses jalan terputus), sebanyak 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit Puskesmas (RB) dan 1 Kantor danramil Malunda (RB).*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Beratnya Medan Dakwah di Pedalaman Halmahera

Beratnya Medan Dakwah di Pedalaman Halmahera

“Super Iqamat”

“Super Iqamat”

Non-Muslim Masuk Islam di Surakarta

Non-Muslim Masuk Islam di Surakarta

Gara-Gara Asap Karhutla

Gara-Gara Asap Karhutla

Wanita ini Tetap Shalat Meski di Sawah

Wanita ini Tetap Shalat Meski di Sawah

Baca Juga

Berita Lainnya