Rabu, 29 September 2021 / 21 Safar 1443 H

Lensa

Menembus Ibu Kota

Imam Nawawi/hidayatullah.com
Kemacetan lalu lintas di Jl Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019) pagi.
Bagikan:

APA kabar ibu kota hari ini? Seperti biasa setiap pagi di hari kerja, daerah khusus ibu kota Jakarta “diserbu” jutaan manusia dari berbagai kota satelit di sekelilingnya; Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya.

Senin (18/11/2019) ini pun begitu. Pada salah satu akses jalan menuju Ibu Kota Jakarta, terjadi kemacetan panjang, tepatnya mulai dari Jalan Raya Lenteng Agung depan Universitas Pancasila hingga Tanjung Barat dan perlintasan kereta api Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kemacetan panjang di pagi hari pada awal pekan itu tidak bisa dielakkan. Pasalnya, Pemprov DKI sedang mempersiapkan pembangunan dua fly over, yakni fly over Tanjung Barat dan fly over Lenteng Agung.

Meski demikian warga mengaku tetap semangat.

“Ya, ini macet banget. Saya sudah prediksi maka ke kantor berangkat lebih awal,” terang Nur Hadiansyah warga Poltangan, Jakarta Selatan kepada hidayatullah.com.

“Dari tempat saya saja kalau tidak lebih awal bisa terlambat. Cuaca cerah juga menyebabkan tubuh mudah berkeringat, basah pakaian,” imbuhnya.

Kemacetan lalu lintas di Jl Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019) pagi.

Pemberitahuan adanya pembangunan fly over Tanjung Barat di Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

Ungkapan senada juga disampaikan Arif warga Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

“Memang inilah tantangan di ibu kota. Nikmati saja, dibuat enjoy, toh pembangunan fly over kan tujuannya mengurai kemacetan. Ya, semoga nanti jalan andalah saya ini bisa lancar jaya kalau fly over dah jadi,” ucapnya bersemangat sembari mengelap keringat yang membasahi kedua pipinya dalam perjalanan pagi ini.

Seorang warga menyeberang jalan di zebra cross sambil menembus padatnya kendaraan di Jl Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019) pagi.

Kepadatan tidak saja terjadi di jalan raya. Di jembatan penyeberangan orang (JPO) Stasiun Tanjung Barat pun sama situasinya. Tampak orang-orang antrean untuk bisa menyeberang.

Kepadatan di JPO dekat Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

“Inilah ibu kota, padat tapi harus tetap ditembus,” ungkap Hermanto warga Depok, Jawa Barat.* Foto dan teks: Imam Nawawi/hidayatullah.com

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Habis Likuifaksi Terbitlah Pelangi

Habis Likuifaksi Terbitlah Pelangi

Shalat Malam di Stasiun

Shalat Malam di Stasiun

Membaca Dimana Saja

Membaca Dimana Saja

Santri Nobar Ceramah Ustadz Abdul Somad

Santri Nobar Ceramah Ustadz Abdul Somad

Pemudi ‘Jaman Now’, Smartphone untuk Ngaji

Pemudi ‘Jaman Now’, Smartphone untuk Ngaji

Baca Juga

Berita Lainnya