Sabtu, 23 Januari 2021 / 9 Jumadil Akhir 1442 H

Lensa

Membaca Dimana Saja

Wasan
Anak membaca di atas sepeda motor di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Bagikan:

Hidayatullah.comKhairu jalisin fiz zamani kitabun. Pepatah berbahasa Arab ini mengungkap satu keutamaan membaca. Bahwa sebaik-baik teman duduk di sepanjang waktu adalah buku.

Apakah anak di foto ini pernah dengar ungkapan itu atau belum? Entahlah. Tapi sepertinya adik perempuan berjilbab warna krem dan bertas merah itu begitu menikmati perjalanan bersama bukunya.

Meski sedang dibonceng di atas kendaraan roda dua, ia tampak tenggelam bersama buku yang dibuka lebar-lebar di hadapannya. Tak peduli ramainya lalu lalang kendaraan di jalan raya. Tak pusing dengan polusi asap dan bising suara yang tak kunjung selesai didiskusikan oleh para pengamat.

Gambar diambil di sebuah perempatan jalan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, beberapa hari lalu.

Seperti yang tampak di foto, dua orang perempuan sedang berboncengan di atas kendaraan motor. Layaknya pengendara yang lain, keduanya juga mematuhi aturan lalu lintas. Berhenti sejenak sambil menunggu isyarat lampu hijau menyala, pertanda boleh berjalan kembali.

Namun bedanya, sang adik yang memakai tas merah dan helm berwarna dasar putih itu memanfaatkan waktu dengan membaca. Kedua matanya seperti tak mau lepas dari buku yang dipegangnya. Hebatnya lagi, ternyata buku yang dibaca mirip buku panduan dasar mengaji al-Qur’an.

“Subhanallah, Iya, bukunya seperti buku ngaji Iqra ya?” tanya Antria, seorang guru yang melihat pemandangan unik itu. Salut deh. Pokoknya.* Foto dan teks: Wasan, Pengasuh Mahasiswi STIS Hidayatullah Putri

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Insiden di Ussu, Buntung tapi Untung

Insiden di Ussu, Buntung tapi Untung

RUU Ketahanan Keluarga “Melawan” Isu

RUU Ketahanan Keluarga “Melawan” Isu

Di Pasar pun Berteman dengan Al-Qur’an

Di Pasar pun Berteman dengan Al-Qur’an

Tak Lapuk Oleh Hujan

Tak Lapuk Oleh Hujan

“Sujud, Sujud, di Puncak Gunung…”

“Sujud, Sujud, di Puncak Gunung…”

Baca Juga

Berita Lainnya