(Belum) Usai Banjir Konawe Utara…

"Sekarang yang paling dibutuhkan warga (alat) semprot air untuk bersihkan rumah-rumah mereka."

(Belum) Usai Banjir Konawe Utara…
Bashori/hidayatullah
Kondisi Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Konawe Utara, belum dapat bantuan air bersih, laporan tim SAR (23/06/2019).

Terkait

Hidayatullah.com– Banjir di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, sudah surut perlahan. Warga masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing. Para relawan sebagian sudah pulang, bergantian dengan relawan lainnya.

Meskipun banjir bisa dibilang “sudah selesai”, namun masa tanggap darurat masih diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Konawe Utara.

Berdasarkan pantauan di lapangan, lumpur masih tersisa pada bangunan-bangunan yang terdampak banjir. Warga masyarakat berjibaku membersihkan lumpur dan sisa-sisa banjir lainnya.

Baca: Tanggap Darurat Banjir Konawe Utara Diperpanjang Sampai 29 Juni

“Sekarang yang paling dibutuhkan warga (alat) semprot air untuk bersihkan rumah-rumah mereka,” ujar dai setempat yang juga relawan, Sulaiman Mu’adz kepada hidayatullah.com, Selasa (25/06/2019).

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara memperpanjang status tanggap darurat bencana selama dua pekan, mulai dari tanggal 16 hingga 29 Juni 2019.

Perpanjangan status ini untuk menjamin penyelenggaraan penanganan darurat kepada warga terdampak.

Baca: Rumah Warga Korban Banjir Konut Tak Bisa Lagi Digunakan

Sebelumnya, sekitar 10 persen wilayah di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara masih tergenang air dengan ketinggian beragam, data hingga (20/06/2019).

Relawan mendistribusikan bantuan untuk korban banjir di Konawe Utara (23/06/2019).

Kondisi salah satu ruas jalan di Kecamatan Andowia, Konawe Utara (23/06/2019).

Jalan trans Sulawesi masih tergenang di dua titik, yaitu Desa Linomoyo dan Desa Sambadete. Kedua wilayah ini berada di daerah dengan topografi cekungan. Sementara itu, sisa genangan terdapat di Kecamatan Oheo terletak setelah jembatan Sambadete dengan tinggi air sampai 3 meter diperkirakan 2– 3 hari bisa dilalui, genangan terjadi akibat cekungan jalan di jembatan Sambandete.

Halaman Masjid Al-Kubro, Laronanga, Kecamatan Andowia, Konawe Utara, pasca banjir (23/06/2019).

Seekor kucing bermandikan lumpur pasca banjir di Konawe Utara (23/06/2019).

Sehari sebelumnya (19/06/2019), BNPB mencatat satu desa, yaitu Desa Asemi Nunulai di Kecamatan Asera masih terisolasi. Di sisi lain, tiga desa di Kecamatan Landawe belum dapat dijangkau karena akses jalan yang terputus, yaitu Desa Landiwo, Tambakua, dan Landawe Utara. Namun demikian, pelayanan kebutuhan dasar telah dilakukan kepada warga di desa tersebut. Foto-foto oleh Bashori dari Hidayatullah.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !