Bukti Bakti kepada Orangtua

Orangtua tersebut sudah cukup renta. Berdiri lama pun ia tak lagi mampu. Shalat Jumat maupun shalat sunnah ia laksanakan sambil duduk, sebagian anggota badannya terlihat bergetar.

Bukti Bakti kepada Orangtua
muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Sebut saja Ahmad, tampak tersenyum saat menggendong H Abdullah, orang tua yang sudah lansia, usai shalat Jumat di Masjid Jami' Baiturrahman, Depok, Jawa Barat, 30 Maret 2018.

Terkait

PERNAH dengar kisah mengharukan tentang bakti seorang anak kepada orangtuanya? Kisah-kisah demikian bertebaran sepanjang masa di berbagai penjuru bumi Allah.

Termasuk sepenggal “kisah” berikut ini yang patut dijadikan teladan bagi siapa saja. Seorang pria kedapatan oleh awak hidayatullah.com menggendong seorang ayah yang sudah lansia dalam rangka menunaikan shalat Jumat.

Pria tersebut, Ahmad (bukan nama sebenarnya), menggendong H Abdullah, demikian orangtua itu dipanggil, selepas keduanya menunaikan shalat Jumat di Masjid Jami’ Baiturrahman, Kelurahan Kalimulya, Depok, Jawa Barat, 30 Maret 2018.

Berdasarkan pengamatan dan penelusuran media ini, orangtua tersebut sudah cukup renta. Berdiri lama pun ia tak lagi mampu. Shalat Jumat maupun shalat sunnah ia laksanakan sambil duduk, sebagian anggota badannya terlihat bergetar.

Usai shalat, Ahmad menggendong H Abdullah. Badan Ahmad yang tinggi besar sangat memudahkan ia melakukan itu. Senyum lebar tersungging saat keduanya beranjak dari masjid menuju sepeda motor untuk pulang ke rumah.

Baca: Bakti kepada Orangtua dengan Berbaik kepada Para Sahabatnya

Ahmad menggendong H Abdullah, orang tua yang sudah lansia, dibantu sejumlah jamaah. [Foto: Muh. Abdus Syakur/hidayatullah.com]

Ia terlihat enjoy dan sudah terbiasa melakukan perbuatan mulia tersebut.

Sejumlah jamaah turut membantu Ahmad dan H Abdullah.

[Foto: Muh. Abdus Syakur/hidayatullah.com]

“Terima kasih,” ujar Ahmad kepada awak media ini yang turut membantu mengambilkan sandal H Abdullah yang sempat terjatuh.

Baca: Cara Berbakti kepada Orangtua yang Sudah Meninggal

Ahmad membonceng H Abdullah usai shalat Jumat di Masjid Jami’ Baiturrahman, Depok. [Foto: Muh. Abdus Syakur/hidayatullah.com]

Meskipun pertemuan dua insan inspiratif tersebut dengan redaksi hanya berlangsung singkat, namun foto-foto ini sudah banyak bercerita dan memberikan pesan, ini -salah satu- bukti bakti kepada orangtua.*

Baca: Bakti Para Salaf pada Orangtua (1)

Rep: Muhammad Abdus Syakur

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !