“Enjoy” dengan Qur’an

Wanita ini terlihat berbeda dengan para penumpang lainnya, yang rata-rata bermain gadget, berdiam diri, maupun asyik tidur.

“Enjoy” dengan Qur’an
skr/hidayatullah.com
Penumpang wanita ini tampak khusyuk membaca al-Qur'an di atas KRL dari arah Jakarta ke Bogor, Kamis (01/08/2017).

Terkait

WAKTU adalah uang, kata pepatah menurut versi sebagian orang. Tapi bagi wanita ini, waktu adalah ibadah. Setidaknya itu terlihat dari pemandangan yang bisa dibilang langka ini.

Seorang Muslimah berjilbab tampak khusyuk membaca al-Qur’an, mengisi waktu dalam perjalanannya di atas kereta rel listrik (KRL) rute dari arah Jakarta menuju Bogor.

Sore itu, sebagaimana biasa, adalah waktunya pulang kerja. Sekitar pukul 16.44 WIB, rangkaian gerbong-gerbong KRL sedang tidak terlalu padat.

Baca: Keutamaan Membaca Al-Quran

Di gerbong satu ini, wanita berjilbab oranye, berkacamata, dan berbaju merah ini terlihat duduk tenang sambil membaca kitab suci berukuran sedang di pangkuannya.

Pantauan hidayatullah.com, Selasa, 1 Agustus 2017 itu, wanita tersebut terlihat berbeda dengan para penumpang lainnya, yang rata-rata bermain gadget, berdiam diri, maupun asyik tidur.

Para penumpang KRL lainya tampak asyik dengan kesibukan masing-masing. [Foto: SKR/hidayatullah.com]

Tampak ia sedang membuka halaman 273-274, yang memperlihatkan Surat An-Nahl dari ayat 55-72. Mulutnya komat-kamit melafadzkan ayat demi ayat.

“Wama anzalna ‘alaikal kitaba illa litubayyina lahumul ladzikhtalafu fihi wahudan warahmatan liqaumin yu’minun,” demikian bunyi ayat ke-64 Surat An-Nahl yang tampaknya turut dibaca oleh penumpang itu. Suaranya ditelan kasak-kusuk di dalam gerbong kereta.

Baca: “Keren, TNI AL Mengaji di KRL”

Mushaf yang dibaca wanita tersebut al-Qur’an berterjemahan. Berdasarkan terjemahan Kementerian Agama, dalam Surat An-Nahl ayat 64 Allah berfirman:

“Dan Kami tidak menurunkan Kitab (al-Qur’an) ini kepadamu (Muhammad), melainkan agar engkau dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu, serta menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

[Foto: SKR/hidayatullah.com]

Hingga berpisah dengan wanita itu di kawasan Citayam, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, awak media ini -yang tidak menampakkan diri sebagai wartawan di depannya- memilih tidak mengajaknya yang terlihat khusyuk mengaji untuk mengobrol.

Siapapun wanita itu, yang jelas, pembaca mungkin setuju, bahwa dia telah mencontohkan suatu keteladanan; mengisi waktu kosong dengan beribadah, mengingat Allah.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !