Dirgahayu Republik Indonesia ke-71

Tatapan Kemerdekaan…

Semoga tatapan bocah ini bukan menjadi tatapan kosong kemerdekaan; Benarkah kita sudah merdeka?....

Tatapan Kemerdekaan…
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Bocah ini baru saja mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih.

Terkait

ENTAH apa yang sedang dipikirkan bocah ini. Ia terlihat melongo dengan tatapan ke depan sesaat sebelum berenang di Sungai Ciliwung kawasan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Bocah ini baru saja mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan Dirgahayu RI ke-71 di cadas Sungai Ciliwung, Rabu, 14 Dzulqa’dah 1437 H (17/08/2016) pagi.

Dalam upacara itu, bersama puluhan bocah-bocah sesama penghuni daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung Depok, ia turut berdiri berpanas-panasan tatkala Merah Putih dikibarkan. [Baca: Merdekakan Sungai dari Kerusakan, Upacara HUT RI Digelar di Ciliwung]

[Foto: Syakur]

[Foto: Syakur]

Usai rangkaian upacara, bocah ini –dengan cat bendera Indonesia yang masih terlukis di wajahnya dan sandal di kedua tangannya– segera melepas bajunya lalu terjun ke sungai.

Ia berenang penuh semangat. Seakan mengekspresikan semangat para pejuang kemerdekaan Indonesia 71-an tahun silam, yang mungkin saja terpatri pula dalam sanubari bocah ini.

[Foto: Syakur]

[Foto: Syakur]

Semoga tatapan dan semangat sang bocah menjadi sinyal optimisme generasi muda Indonesia menyambut masa depan.

Dan semoga bukan sebaliknya, malah menjadi tatapan kosong kemerdekaan yang penuh tanda tanya; Benarkah bangsa kita sudah benar-benar merdeka.[Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Mendorong Kemerdekaan Palestina]*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !