Ahad, 28 Maret 2021 / 14 Sya'ban 1442 H

Lensa

Jangan Jadi Begini!

muhammad adianto/hidayatullah.com
Bangkai sepeda motor itu merupakan rambu-rambu pengingat kecelakaan di Kupang, NTT.
Bagikan:

DI jalanan umum biasanya akan mudah ditemukan berbagai macam rambu-rambu lalu lintas. Rambu-rambu itu diharapkan memudahkan pengguna jalan sekaligus menyadarkan akan bahaya yang bisa terjadi jika melanggarnya.

Namun kadang, karena rendahnya kesadaran pengguna jalan, rambu-rambu tidak berfungsi sebagai mestinya. Hingga terjadilah kecelakaan yang kerap berujung pada hilangnya nyawa.

Nah, berbicara rambu-rambu, di kawasan Camplong, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), terdapat rambu berupa sepeda motor korban kecelakaan.

Bangkai sepeda motor tersebut dipamer layaknya sebuah monumen, persis di pinggir jalanan trans yang menghubungkan ke arah negara tetangga, Timor Leste.

[Foto: Adianto]

[Foto: Adianto]

Begitu juga halnya di Jl Sukul, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Sebelum sebuah tikungan tajam terdapat “monumen” yang sama.

Sebagaimana diungkap warga setempat, bangkai sepeda motor itu merupakan rambu-rambu pengingat kecelakaan. Hal ini dipasang mengingat beberapa kali terjadi kecelakaan yang membuat korban meregang nyawa, seperti pada Ahad (05/06/2016) lalu.

“Ya ini rambu-rambu kecelakaan, karena banyak orang mati tabrakan di sini,” ungkap Okto Namtunis, warga setempat kepada penulis.

[Foto: Adianto]

[Foto: Adianto]

Di Indonesia, angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dari tahun ke tahun jumlahnya terus mengalami peningkatan. Khusus di Kota Kupang, pada tahun 2015 angka kecelakaan mengalami peningkatan dibanding tahun 2014.

“Selama tahun 2015 tercatat terjadi 280 lakalantas, sementara dalam tahun 2014 hanya 180 lakalantas,” demikian keterangan yang dilansir sebuah media online, Selasa (26/07/2016).

Oleh karenanya, sebagai pengendara yang baik, mari utamakan keselamatan dalam berkendara. Foto-foto ini dijepret beberapa waktu lalu.* Kiriman Muhammad Adianto, pegiat komunitas  menulis PENA NTT

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

“Manusia Perahu” di Jakarta

“Manusia Perahu” di Jakarta

Bunga Mawar “Ikut” Reuni Alumni 212

Bunga Mawar “Ikut” Reuni Alumni 212

Palu Luluh Lantak Kena Tsunami

Palu Luluh Lantak Kena Tsunami

‘Korban Asap’ di Bundaran HI

‘Korban Asap’ di Bundaran HI

Mendekatkan Anak dengan Ibadah dan Dakwah

Mendekatkan Anak dengan Ibadah dan Dakwah

Baca Juga

Berita Lainnya