Sampai Akarnya Begini…

Kenari babi asal Maluku tersebut ditanam pada tahun 1855. Jadi usianya sekitar 161 tahun.

Sampai Akarnya Begini…
muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Akarnya melebihi tinggi dari pria dewasa rata-rata orang Indonesia.

Terkait

BINGUNG memilih tempat liburan dan rekreasi yang edukatif buat keluarga? Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, bisa menjadi pilihan terbaik.

Di tempat rekreasi ini, Anda bisa menjumpai berbagai spesies flora. Di antara yang menarik perhatian para pengunjung adalah pohon tua pada gambar ini. Saking tuanya, lihat saja akarnya sudah lebih tinggi dari pria dewasa rata-rata orang Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ini adalah pohon kenari babi (canarium decumanum gaertn). Ia merupakan satu dari 31 jenis kenari yang tergolong dalam suku kenari-kenarian (Burseraceae).

Kenari babi asal Maluku tersebut ditanam pada tahun 1855. Jadi usianya sekitar 161 tahun. Masya Allah, udah tua banget yaahh….

“Akar raksasa” lainnya juga terdapat di berbagai sudut Kebun Raya Bogor dengan berbagai jenis dan modelnya. Ada akar ketapang hutan, akar pohon tarzan, dan banyak lagi.

Akar pohon ketapang hutan. [Foto: Syakur]

Akar pohon ketapang hutan. [Foto: Syakur]

Gambar-gambar yang dijepret hidayatullah.com pada Ahad, 21 Rabiuts Tsani 1437 (31/01/2016) ini belum mewakili semua.

Di Kebun Raya Bogor ada juga Belati Spanyol dan Taman Meksiko. Penasaran apa itu? Datang saja ke sana. Biaya masuknya cukup murah, pada Ahad lalu Rp 14 ribu per orang dan Rp 5 ribu per kendaraan roda dua.

Tapi ingat, jangan lupa bawa payung atau jas hujan. Maklum, Bogor, kan, Kota Hujan.

Nah, mumpung masih ada waktu liburan, khususnya Anda yang tinggal di Jabodetabek, tunggu apa lagi…?!*

Akar pohon tarzan. [Foto: Syakur]

Akar pohon tarzan. [Foto: Syakur]

Rep: Muhammad Abdus Syakur

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !