Masihkah Ada Alasan…

Bagi siapa saja yang masih enggan mengaji, ada baiknya belajar dari mereka ini.

Masihkah Ada Alasan…
muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Fadlur Rahman tengah membaca Surat ar-Rahman di lapangan futsal.

Terkait

SEORANG lelaki melemparkan jawaban singkatnya ketika ditanya tentang ini. Apakah sudah membaca al-Qur’an hari ini? “Belum, masih sibuk!”

Jawaban seperti pria itu jamak dijumpai di lingkungan masyarakat Muslim. Faktor kesibukan kerap dituding sebagai kambing hitam belum sempatnya seseorang membaca al-Qur’an.

Bagi siapa saja yang bersikap serupa, ada baiknya belajar dari berbagai momen jepretan hidayatullah.com ini, yang ditayangkan sebagai kilas foto tahun-tahun sebelumnya.

Tampak seorang penjaga gawang bernama Fadlur Rahman (27), tengah membaca ayat-ayat al-Qur’an pada Surat ar-Rahman, saat menunggu timnya bermain dalam sebuah kompetisi futsal.

Tak ada mushaf al-Qur’an, ia memanfaatkan aplikasi al-Qur’an digital di smartphone-nya. Lokasi di Tifosi Futsal, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (31/05/2014).

Pada tiga rangkaian foto lain, sejumlah pria di tengah kesibukannya masing-masing, menyempatkan diri membaca al-Qur’an.

[Foto: Syakur]

[Foto: Syakur]

Mulai seorang musafir di atas kereta api rute Jakarta – Malang (04/02/2012), seorang ayah sambil menggendong putrinya di Masjid Istiqlal, Jakarta (04/05/2014), hingga seorang pedagang pakaian Muslim di halaman parkir Masjid Agung Garut, Jawa Barat (28/06/2014).

Rangkaian foto yang lain adalah kesibukan para Muslimah dengan al-Qur’annya masing-masing.

Seorang gadis peserta program One Day One Juz (ODOJ) mengaji di peron Stasiun Pasar Minggu, Jakarta, sembari menunggu kedatangan KRL tujuan Depok (10/06/2014).

Sementara seorang ibu mengisi waktunya bertadarrus di atas bus Transjakarta rute Kampung Melayu-Kampung Rambutan, Jakarta (07/07/2015).

Begitu pula, seorang santriwati hafizh sibuk mengulangi hafalannya di perkebunan Pesantren As-Syifa’, Subang, Jawa Barat (29/04/2013).

[Foto: Syakur]

[Foto: Syakur]

Jika mereka dalam berbagai kondisi itu saja masih sempat membaca al-Qur’an, bagaimana dengan kita? Masihkah ada alasan? Semoga tidak!.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !