Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Lensa

“Semoga Langkahmu ke Sekolah Menuju Surga”

Erwin Gucci/Ronny Daniel diedit hidayatullah.com
Seakan tanpa gengsi, ia menuntun gerobak di jalan raya yang cukup ramai.
Bagikan:

“DI saat anak-anak sekolah lain sibuk kebut-kebutan dengan sepeda motor hasil keringat orang tuanya.

Di kala kalian sibuk ber-selfie dengan kamera smartphone pembelian ibu-bapak kalian.

Seorang rekan kalian asyik mendorong becak berisi dagangan milik orangtuanya.”

Narasi itu diungkapkan Erwin Gucci pada Selasa, 17 Rabiuts Tsani 1437 (26/01/2016). Melalui akun media sosial, ungkapan tersebut ia sertai unggahan tiga foto yang mengundang simpati dan empati siapa saja insan pemilik perasaan ini.

Dalam foto-foto tersebut, tampak seorang perempuan berseragam SMA tengah mendorong sebuah gerobak –yang oleh pengunggah disebut becak.

Diterangkan, gambar tersebut dijepret di Jl Syech Kukut, Kota Solok, Sumatera Barat, Selasa (26/01/2016) pukul 07.45 WIB.

Pengamatan hidayatullah.com, tampak gerobak itu memuat berbagai perkakas dapur dan tempat makanan. Seperti blender, rice cooker, termos nasi, piring, dan benda segolongan yang sebagian ditutupi koran.

Sambil berjalan kaki, pelajar berjilbab itu terlihat menuntun gerobaknya di jalan raya yang cukup ramai. Gerobak gandeng sepeda itu tidak dinaikinya. Dari seragam dan tas punggung yang dikenakan serta waktu pengambilan gambarnya, sepertinya ia sedang menuju ke sekolah.

Menilik unggahan itu, Muslimah tersebut kemungkinan bermaksud membantu orangtuanya dengan membawakan barang dagangannya ke pasar. Timbul dugaan lain bahwa ia memang hendak berjualan di sekolahnya.

“Malukah ia?? Gengsikah ia??” tulis Erwin seakan menafikan pertanyaannya sendiri.

“Semoga cita-citamu tercapai, Nak. Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya yang mau berusaha dan berikhtiar,” doa pun dihaturkan untuk gadis teladan itu.

[Foto: Erwin Gucci/Ronny Daniel]

[Foto: Erwin Gucci/Ronny Daniel]

Dibanjiri Doa

Tak sampai 1×24 jam, foto-foto yang diunggah sekitar pukul 22.42 dalam catatan facebook itu segera menjadi viral.

Hingga Kamis (28/01/20106) jam 8 pagi, unggahan ulang yang disebut Erwin bersumber dari akun Ronny Daniel ini pun, setidaknya, telah disukai oleh 11815 akun. Juga telah dibagikan minimal sebanyak 4416 kali, serta mengundang 2524 lebih komentar.

Angka-angka tersebut terus bertambah bahkan dalam hitungan detik.

Para netizen seakan berebut menorehkan apresiasi dan rasa salut mereka kepada gadis yang belum diketahui identitasnya tersebut.

“Generasi pekerja keras, beriman, ikhlas, dan tetap gigih menuntut ilmu. Semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya untuk generasi sepertimu. Aamiin!” tulis akun Nuril Anwar.

“Harus jadi pemimpin bangsa anak seperti ini,” tambah Mugni Heryanto.

Menurut Meiliany Siregar, anak yang tergolong tahan banting dalam kehidupan, tidak cengeng dan rapuh seperti  itu, banyak yang berhasil di masa depannya. Sebab waktu mereka sudah terbiasa untuk terus bekerja. “Dibanding anak yang berkecukupan,” ujarnya.

Semoga, tulis Emy Widyastuti, dengan baktinya kepada orangtua, pelajar tersebut akan selalu berada dalam pelukan dan lindungan Allah di dunia-akhirat.

Setiap detik, doa-doa terus membanjiri postingan itu. Termasuk doa dari Taufik Dwi Rahmanto, “Langkahnya adalah langkah menuju surga.”*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pulau Palsu di Teluk Jakarta

Pulau Palsu di Teluk Jakarta

Hujan Bukan Halangan

Hujan Bukan Halangan

Masihkah Ada Alasan…

Masihkah Ada Alasan…

Tak Hanya Buku Kiai Aceng, Pipiet Senja, dan Ammar Bugis…

Tak Hanya Buku Kiai Aceng, Pipiet Senja, dan Ammar Bugis…

Jangan Tiru ‘Adegan’ Ini

Jangan Tiru ‘Adegan’ Ini

Baca Juga

Berita Lainnya