Senin, 29 Maret 2021 / 16 Sya'ban 1442 H

Ilahiyah Finance

HTTP Error 412 : Bila Hati Pada Tidak Bisa Diakses

Bagikan:

Oleh: Muhaimin Iqbal

DALAM dunia internet ada istilah HTTP Error 412 , yaitu ketika computer Anda berusaha mengakses server dengan prakondisi tertentu yang tidak bisa dipenuhi oleh server.

Demikian pula dengan hati, begitu banyak kebajikan yang coba dimasukkan oleh orang tua kita sejak kecil, guru-guru dan ustadz-ustadz kita – tetapi nampaknya kok sekarang tidak banyak yang bisa ‘di akses’ ya ?. Indikasinya adalah begitu banyaknya kejahatan, korupsi, ketidak adilan, pemborosan yang luar biasa bahkan oleh sekelompok elit negeri yang menyebut dirinya ‘yang terhormat’ dlsb.dlsb. Maka dialog antara dua ‘programmer’ dibawah barangkali bisa mengatasi HTTP Error 412 pada hati bangsa ini.

Seorang ustadz ‘programmer’ senior bertanya kepada ustadz ‘programmer’ junior-nya: “Dapatkah kamu menginstall program iman di ‘server’ hati masyarakat, agar dia selalu ada di sana dan selalu bisa diakses?”.

Junior: “InsyaAllah ustadz, saya akan mencobanya. Tetapi apakah program iman ini bisa di install ketika program-program yang lainnya sedang running?”

Senior: “Program apa yang sedang running?”

Junior: “Ada 30 program lain, yang lagi running ustadz!”

Senior: “Wow…, banyak banget ? apa saja program-program itu?”

Junior: “Di antaranya ada syirik.COM ; kufur.EXE ; cinta_dunia.DLL ; tidak_ikhlas.COM ; takut_pada_manusia.EXE; khiyanat.EXE; tamak.EXE ; riya.COM ; kebencian_kedengkian.COM; iri.DLL…”

Senior: “Ooh kalau begitu sebagian program yang sedang jalan tersebut harus dihentikan dan didelete dari server. Setelah itu baru satu per satu diinstall file-file dari folder Iman ke server”.

Junior: “File yang mana ustadz yang harus saya delete ?”

Senior: “Ya yang tadi kamu sebutkan, syirik.COM, kufur. EXE ; cinta_dunia.DLL ; tidak_ikhlas.COM ; takut_pada_manusia.EXE; khiyanat.EXE dlsb. Sebagian file yang lain akan otomatis ter-delete ketika file-file dari folder Iman berhasil kamu install”.
Junior: “Baik ustad, file-file tersebut sudah didelete. Sekarang apa yang perlu saya install?”.

Senior: “Dalam folder Iman itu ada file-file Iman_kepada_Allah.EXE; malaikat.EXE; kitab_kitab.COM; rasul2.DLL; kiamat.DLL; qada_qadar.EXE; cinta_Allah.EXE; cinta_rasul.EXE ; ikhlas.COM ; syukur.EXE ; mengharap_ampunan.DLL….”

Junior: “Baik ustadz, semua sudah saya install. Apakah server boleh saya jalankan lagi ?”

Senior: “Boleh dicoba dulu, nanti kalau ternyata folder iman di ‘server’ hati belum bisa di akses juga, mungkin ada yang belum proper di install-nya”.

Junior: “Baik ustadz, saya monitor dahulu – apakah HTTP Error 412 masih muncul…”

Senior: “Betul, memang harus dimonitor. Disamping itu bila request yang diminta client pra-kondisinya tidak bisa dipenuhi server, sangat mungkin error itu muncul lagi. Jadi masih sangat banyak file dari folder iman yang harus kamu install lagi”.

Dalam folder Iman tersebut ada 77 file – yang mewakili cabang-cabang iman yang sudah di-compile oleh ulama ‘programer’ terdahulu Imam Al-Bayhaqi dalam kitab Shu’ab Al Iman, yaitu penjabaran detil dari system iman yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam dalam Shahih Muslim : “Iman itu ada 70 lebih cabang dan malu adalah termasuk iman”.

Program (re)install iman kedalam hati masyarakat secara luas tersebutlah yang kami canangkan dalam project Quantum Iman. Semoga tidak ada yang error lagi di hati bangsa ini. Insyaallah!

Penulis adalah direktur Gerai Dinar dan kolumnis hidayatullah.com

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Tantangan Inovasi

Tantangan Inovasi

Berumpama Bukan Berandai…

Berumpama Bukan Berandai…

Setelah Kelantan dan Utah, Bagaimana Dengan Kita?

Setelah Kelantan dan Utah, Bagaimana Dengan Kita?

The Silence of Frogs

The Silence of Frogs

Solusi Dari Balik Gunung…

Solusi Dari Balik Gunung…

Baca Juga

Berita Lainnya