Saat Hari Pembalasan (2)

Jika seorang muslim memahami bahwa di sana akan ada hari pembalasan, hatinya rela dan pasrah, penderitaan dan luka batinnya akan terobati.

Saat Hari Pembalasan (2)
Ilustrasi.

Terkait

2. Harapan Kaum Tertindas dan Lemah

APAKAH dampak asma “Yang menguasai hari pembalasan” (al-Fatihah: 4) ini dalam perasaan seorang muslim? Jika seorang muslim memahami bahwa di sana akan ada hari pembalasan, hatinya rela dan pasrah, penderitaan dan luka batinnya akan terobati. Begitu pula kepiluan dan airmatanya.

Ia akan tabah menerima perlakuan sewenang-wenang dan kekurangan yang dideritanya selama hidup di dunia. Hak asasi sebagai manusia, kehormatan diri sebagai orang beriman, serta kebebasan diri dalam berpendapat dan berbicara, barangkali tidak dapat dinikmatinya di dunia. Tetapi di hari perhitungan kelak, dia akan mendapatkan keadilan.

Penyair Abul ‘Atahiyah berkata kepada al-Mahdi, setelah ia memenjarakannya.

Demi Allah, aku bersumpah. Kezaliman itu menyakitkan
Orang yang jahat akan terus menjadi pelaku kezaliman
Kepada Sang Penguasa di hari kiamat kita mengadu dan di hadapan Allah para musuh terhimpun

Sesungguhnya Allah yang akan memberi keadilan para wali dan orang-orang yang dikasihi-Nya.*/DR. ‘Aidh bin ‘Abdullah al-Qarni, MA, tertuang dalam bukunya Nikmatnya Hidangan Al-Qur’an. [Tulisan selanjutnya]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !