Kamis, 27 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Kajian

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha
Bagikan:

Sholat Dhuha belum bisa dikatakan sempurna jika belum diikuti dengan doa setelahnya. Seperti yang sudah dijelaskan pada ayat dan hadis, seluruh umat muslim dianjurkan untuk membaca doa agar keinginan dan harapan bisa diijabah oleh Allah SWT. Ada  banyak doa setelah sholat Dhuha, yang bisa kita panjatkan. Terutama untuk mendapatkan kemuliaan hidup di dunia.

Menurut anjuran yang ada, sholat Dhuha didirikan dalam 2 rakaat sholat, dengan jumlah yang tidak terbatas. Untuk mendirikan sholat Dhuha waktu yang pas untuk melaksanakannya adalah sekitar pukul 08.0 sampai dengan 11.00 menjelang dzuhur. Dan setelah itulah doa setelah sholat sangat dianjurkan untuk diminta.

Tabiat Doa Setelah Sholat Dhuha yang Baik Untuk Kita Amalkan

Sholat Dhuha, sholat yang bisa dikerjakan pada saat waktu matahari telah naik. Sekurang-kurangnya sholat Dhuha dilaksanakan dalam 2 rakaat sholat, namun juga bisa dilakukan dalam 4 rakaat sholat. Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan dalam riwayat Abu Hurairah RA, bahwa siapa saja yang menjalankan sholat Dhuha, maka akan diampuni segala dosanya.

Selagi dosa itu sebanyak busa di lautan lautan. Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan seusai sholat Dhuha. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

“allohumaghfir-lii wa tub ‘alayya, innaka antat tawwabur rahim” (Hadis Riwayat. Buhkhori)

Yang artinya    : Ya Allah ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya engkau maha penerima taubat lagi maha penyayang.

“Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fissamma-I fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan faqoribhu, bihhaqqiDhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolohiin”

Yang artinya    : Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-mu, keagungan adalah keagungan-mu, keindahan adalah keindahan-mu, kekuatan adalah kekuatan-mu, penjagaan adalah penjagaan-mu. Ya Allah apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-mu, keagunganmu, keindahan-mu dan kekuatan-mu, berikanlah kepadaku apa yang engkau berikan kepada hamba-hambamu yang shalih”.

Rutin Membaca Doa Setelah Sholat Dhuha, Urusan Rezeki Akan di Mudahkan Allah

Membaca doa selepas menjalankan sholat Dhuha tentu tidak ada salahnya, sebab Allah menganjurkan bagi siapa saja untuk berdoa setelah menjalankan sholat. Entah itu sholat wajib, maupun sholat sunnah. Bahkan keutamaan sholat Dhuha beserta membaca doa atas keinginan hambanya telah dijelaskan dalam hadis rasulullah, yang diriwayatkan oleh HR Muslim.

Hadis ini menegaskan tentang kedudukan yang mulia bagi seseorang yang mampu menjalankan sholat Dhuha. Salah satu manfaat dari sholat Dhuha yang paling banyak diinginkan oleh umat muslim semasa hidup di dunia adalah dibukanya rizki setiap hari dengan mudah oleh Allah SWT.

Seperti doa sholat Dhuha yang sudah kami jelaskan sebelumnya yakni kemudahan dalam meminta rezeki kepada Allah. Seperti kutipan arti bacaan dalam sholat Dhuha berikut ini,

“jika rezekiku di atas langit maka turunkanlah, jika dibumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah”

Kalimat ini jelas-jelas menjelaskan bahwa permintaan doa seorang hamba kepada Allah, agar dimudahkan rezekinya di dunia. Namun sebenarnya tidak hanya sekadar untuk mencari rizeki saja, tetapi juga untuk mendapatkan banyak manfaat di dalam mengamalkannya.

Banyak Manfaat Membaca Doa Setelah Sholat Dhuha

Setiap doa yang dipanjatkan setelah sholat, memang memiliki banyak manfaat, bagi siapa saja yang menjalankannya. Tak terkecuali dikala kita memanjatkan doa setelah sholat Dhuha. Sebab di balik sunnah menjalankan sholat Dhuha, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, di kala rutin menjalankannya.

Beberapa manfaat diantaranya bahkan telah dijelaskan dalam ayat Al-Quran. lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mendirikan sholat Dhuha lengkap dengan doa setelahnya? Berikut adalah 3 diantaranya.

  1. Rezeki yang Berlimpah

Dari riwayat Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash berkata bahwa Rasulullah bersabada dari “medan perang”. Yang menjelaskan bahwa seseorang yang berwudhu kemudian melanjutkan sholat Dhuha, maka dialah orang yang lebih cepat selesai perangnya, dan lebih cepat kembalinya. Dalil ini dijelaskan pada HR. Ahmad.

  1. Ampunan Segala Dosa

Selain jaminan rezeki yang berlimpah, menjalankan sholat Dhuha juga dapat memberikan keutamaan yang lain. Seperti firman Allah yang telah menjanjikan, barang siapa saja yang menjalankan sholat Dhuha, maka niscaya akan diampuni segala dosa. Walaupun sebanyak buih yang ada di lautan. Hadis ini dijelaskan pada HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad.

  1. Dibuatkan Istana Emas di Surga Kelak

Keutamaan menjalankan sholat dan doa setelah Dhuha juga memberikan banyak manfaat kepada diri kita. Seperti yang sudah dijelaskan dalam hadis HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, bahwa siapa saja yang menjalankan sholat Dhuha 12 rakaat maka Allah akan membangun istana dari emas di surga.

  1. Mendapat Pahala Setara Dengan Umrah

Sholat Dhuha, merupakan salah satu ibadah dari sekian banyaknya sholat yang memiliki pahala besar. Bahkan 2 rakaat Dhuha sama dengan 360 sedekah. Namun jika seseorang menjalankan sholat shubuh berjamaah, kemudian tidak pulang tetapi menunggu waktu dhuha. Maka seorang hamba tersebut akan mendapatkan pahala setara umroh jika dilanjutkan dengan mendirikan sholat Dhuha.

  1. Sedekah Untuk Seluruh Tubuh

Dalam sebuah Hadis Riwayat Ahmad, Muslim, dan Abu daud, dari Abu Dzar Al Ghiffari menyebutkan bahwa, sholat Dhuha merupakan pengganti sedekah dari setiap ruas tubuh. Beliau menyebutkan bahwa setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, baca tahmid adalah sedekah, tahlil adalah sedekah, dan tiap kali baca takbir juga sedekah.

Sungguh luar biasa bukan, Allah telah menjanjikan banyak pahala dan kenikmatan untuk hidup di dunia maupun di akhirat kelak. Sebagai umat muslim yang harus tetap taat kepada tuhannya, kita perlu memperbanyak amalan-amalan di luar ibadah wajib. Namun juga ibadah-ibadah sunnah yang juga memiliki banyak manfaat nya, terutama untuk bekal di akhirat kelak. Sebagai contohnya adalah sholat Dhuha beserta memanjatkan doa setelahnya.

Itulah mengapa kita sebagai umat muslim tentu akan merasa rugi jika tidak menjalankan sholat sunnah semasa hidup. Karena allah telah menjanjikan banyak pahala dan keutamaan dalam menjalankan ibadahnya. Tak terkecuali mendirikan sholat sunnah dan doa setelah sholat Dhuha yang bisa membawa kelancaran rezeki kita selama hidup di dunia, serta kebahagiaan di akhirat.

Terkait dengan informasi mengenai keagamaan, berita harian, dan trending topik saat ini, maka anda bisa mengeceknya di situs informasi dari website kami Hidayatullah.com. Kami disini akan selalu menyajikan informasi yang baik, aktual, dan pastinya real. Untuk informasi selebihnya bisa anda baca di bagian beranda. Karena anda bisa menemukan berbagai jenis informasi disana.

Tak lupa pula agar kita senantiasa selalu taat kepada allah, untuk terus menunaikan ibadah wajib serta menjalankan pula yang sunnah. Karena Allah telah menjanjikan banyak kemuliaan di dunia maupun di akhirat, tentunya bagi siapa saja umat muslim yang selalu taat.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Apapun Kata PBB, Baitul Maqdis Ibu Kota Tauhid

Apapun Kata PBB, Baitul Maqdis Ibu Kota Tauhid

Pekerjaan Kasar Andalkan Otot lebih Mulianya Asalkan Halal

Pekerjaan Kasar Andalkan Otot lebih Mulianya Asalkan Halal

Positive Thinking pada Para Sahabat Nabi

Positive Thinking pada Para Sahabat Nabi

Tanpa Gerakan Feminis, Wanita Sudah Istimewa

Tanpa Gerakan Feminis, Wanita Sudah Istimewa

Jadikan Rumah Tangga Kita sebagai “Baiti Jannati”

Jadikan Rumah Tangga Kita sebagai “Baiti Jannati”

Baca Juga

Berita Lainnya