Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Oase Iman

Pentingnya Berdoa

Bagikan:

Hidayatullah.com | KETAHUILAH pada hari Jum’at menganjurkan untuk berdoa. Berdoa dengan penuh khusyuk dan penuh harapan. Dan ketuhilh bahwa Allah SWT ialah sebaik baiknya pendengar,  yang paling mengetahui, dan lagi Maha Kuasa melakukan apa saja.

Dalam kehidupan manusia, sejatinya Allah SWT sudah mengatur dan mengetahui apa-apa yang akan dialami hambaNya semasa hidup. Bahkan Allah SWT memberikan perintah untuk berdoa kepadaNya. Luar biasanya lagi walaupun manusia tidak meminta doa kepada-Nya, Allah SWT tetap akan memberikan kepada manusia apa yang sudah menjadi haknya dalam hidup.

Keagungan dan kemuliaan Allah tidak akan bertambah karena manusia memuliakan dan  menganggungkanNya dengan permohonan doa kepada-Nya. akan tetapi apabila manusia tidak mau berdoa kepada Allah SWT saat berada dalam kesulitan, penderitaan atau malapetaka. Sungguh manusia ini bisa disebut sombong.

Sebagaimana yang kita ketahui doa adalah ibadah bagi setiap umat muslim. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda :

الدعاء هو العبادة

“Doa adalah ibadah”. (HR. Abu Daud, Shahih)

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Berdoalah kepadaKu, niscaya Kukabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang sombong (enggan) beribadah kepadaKu, akan masuk ke neraka jahanam dalam keadaan terhina.” (QS. Ghafir : 60).

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barang siapa tidak memohon kepada Allah, ia akan dimurkai” (HR. At-Tarmidji dan Ibnu Majah).

Jadi sudah sangat jelas bahwa memanjatkan doa sama halnya berkomunikasi dengan Allah SWT berkeluh kesah, meminta pertolongan, meminta solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi, bahkan membicarakan seputar angan dan cita-cita yang mungkin belum terlaksana dalam hidup. Semakin sering kita berbicara dan mendekatkan diri dengan Allah SWT lewat ibadah doa, semakin terasa dekat pula Allah SWT di hati kita.*/ Akbar Muzakki

Rep: Admin Hidcom
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Hakim Culas, Hukum Kandas

Hakim Culas, Hukum Kandas

Shirath (2)

Shirath (2)

Merawat Optimisme di Masa Sulit

Merawat Optimisme di Masa Sulit

Peradaban Mulia Lahir dari Tatanan yang Sempurna

Peradaban Mulia Lahir dari Tatanan yang Sempurna

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

10 Rahasia Kandungan Surat Al Fatihah

Baca Juga

Berita Lainnya